Sukses

Lifestyle

Lupakan Beras Plastik Yuk, Kenali Beras yang Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Beras plastik memang wajib untuk kita waspadai, pasalnya beras plastik memiliki dampak yang sangat buruk untuk tubuh kita. Tetapi jika kita terus merasa khawatir dengan masalah beras plastik yang ada kita bakalan paranoid setiap makan nasi. Yuk, Lupakan sejenak tentang masalah beras plastik dan mengenal bermacam-macam beras yang lebih menyehatkan. Nih Bintang.com berikan alternatif beras yang lebih aman dan menyehatkan.

1. Beras Ketan Putih

Beras Ketan Putih

Beras ketan putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu mempercepat produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih halus bersih dan cantik.

2. Beras Ketan Hitam

Beras Ketan Hitam

Di setiap bulir ketan hitam terdapat kandungan zat besi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kadar zat besi yang terkandung di dalamnya mencapai 15,52 ppm. Selain itu ada juga kandungan lain berupa zat anthocyanin, yaitu zat alamiah antioksidan tinggi dengan fungsi dasar untuk melindungi tanaman dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet. Sedangkan manfaat bagi tubuh manusia berkhasiat untuk melindungi kerusakan sel akibat oksidasi zat berbahaya seperti pewarna makanan, obat-obatan, pestisida dan lain sebagainya.

3. Beras Merah

Beras Merah

Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat, serta baik untuk dikonsumsi orang yang menderita diabetes. Beras merah termasuk jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa di makan seperti nasi putih yang umumnya dikonsumsi orang Indonesia.

4. Beras Cokelat

Beras Cokelat

Beras Cokelat sebenarnya merupakan beras putih yang masih memiliki bekatul serta kulit ari. Bekatul dan kulit ari memiliki banyak nutrisi, vitamin, mineral dan juga serat. Beras cokelat sering dianggap beras merah karena warna dan bentuknya hampir sama. Tips penting, jangan mencuci beras coklat terlalu bersih karena justru akan merusak lapisan bekatul dan kulit arinya yang mengandung banyak nutrisi.

5. Beras Hitam

Beras Hitam

Beras hitam merupakan salah satu beras yang langka. Beras hitam sering disebut forbidden rice. Beras hitam bukanlah beras ketan hitam, karena keduanya berbeda. Beras hitam mengandung vitamin E. Jika dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan sistem imunitas tubuh, melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, memperlambat proses penuaan, membersihkan kolesterol, dan dapat mencegah anemia.

Tetap harus hati-hati ya! Jangan lupa lakukan beberapa tips aman untuk mencegah terkonsumsinya beras plastik kedalam tubuh.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading