Sukses

Lifestyle

Pesona 8 Danau Vulkanik Tercantik di Dunia

Fimela.com, Jakarta Erupsi gunung berapi adalah bencana alam yang mengerikan. Namun siapa sangka bencana mengerikan itu sanggup menghasilkan sesuatu yang indah di kemudian hari. Seperti 8 danau yang terbentuk setelah erupsi gunung merapi ribuan tahun silam ini.

 

Danau Crater, Oregon

Danau ini terletak di Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Air danau berwarna biru safir dan sangat jernih menjadi hal utama yang ditawarkan Taman Nasional Danau Crater. Danau ini terbentuk akibat meletusnya gunung Cascade Range. Hutan yang masih hijau mengelilingi danau ini dan menambah keindahan pesona alam ini. (Sumber gambar: kaskus.com)

 

Danau Surga, Perbatasan China dan Korea Utara

Terletak di perbatasan antara Cina dan Korea Utara. Selain keindahannya yang tidak perlu diragukan lagi, danau ini juga menyimpan cerita menarik. Banyak orang meyakini bahwa danau ini adalah rumah dari seorang raksasa yang bernama raksasa danau surga. Penampakan pertama datang pada tahun 1903, disebutkan bahwa ada makhluk menyerupai kerbau yang menyerang 3 orang dan kemudian masuk kembali ke air setelah ditembak enam kali. (Sumber gambar: paradiseintheworld.com)

 

Danau Ijen, Indonesia

Danau yang berada di dalam di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur ini memiliki sifat asam. Dengan keelokannya, banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri ingin melihat dari dekat. Selain sebagai wahana rekreasi, kawah Ijen juga digunakan sebagai tempat berkemah. Di sana terdapat penambangan belerang, jadi siap–siap masker jika Anda tidak ingin menghirup asapnya. (Sumber gambar: arumsekartaji.wordpress.com)

 

Danau Laach, Jerman

Danau Laach yang juga dikenal dengan sebutan Laacher See adalah danau kaldera berdiameter sekitar 9 kilometer. Kaldera yang terletak di Rhineland-Palatinate, Jerman ini terbentuk setelah letusan besar Laacher See yang terjadi sekitar 12.900 tahun yang lalu. (Sumber gambar: gasmusic.blogspot.com)

 

Danau Nyos, Kamerun

Danau Nyos adalah sebuah danau kawah gunung api di Kamerun, Afrika Barat. Dengan panjang kawah sekitar 2 kilometer, danau ini mempunyai dapur magma di bawahnya yang mengubah air menjadi asam karbonat. Pada 2 Agustus 1986, danau ini melepaskan awan raksasa bemuatan kabon dioksida 1,6 juta ton. Lebih dari 1700 orang dan 3500 ternak yang berada pada radius 25 kilometer dari danau mengalami sufokasi (kekurangan oksigen). Kejadian sesak nafas massal ini adalah yang pertama kali terjadi. Sehingga Guinness World records menetapkan Danau Nyos sebagai danau paling berbahaya. Para ilmuwan sedang mengadakan penelitian untuk mengurangi dampaknya. (Sumber gambar: geo.arizona.edu)

 

Danau Taupo, Selandia Baru

Terletak di kawasan gunung berapi North Island, Danau Taupo adalah danau air tawar terbesar di Selandia Baru. Danau Taupo adalah danau terbesar di Selandia Baru. Air yang sangat jernih menjadikannya tempat ikan–ikan air tawar memanjakan diri. Terdapat 47 sungai dan aliran sungai bermuara ke Danau Taupo dan hanya satu ada aliran ke luar, yaitu sungai Waikato. (Sumber gambar: greatlaketaupo.com)

 

Danau Toba, Indonesia

Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Terbentuk akibat letusan supervolcano (gunung berapi super) sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan ini menyebabkan kematian massal pada beberapa spesies yang juga diikuti kepunahan. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir. Pulau Samosir terletak di tengah–tengah danau. (Sumber gambar: indonesiahebat.org)

 

Danau Towada, Jepang

Terletak di perbatasan antara Prefektur Akita dan Prefektur Aomori, Danau Towada adalah danau vulkani terbesar di Jepang. Terbentuk akibat erupsi gunung berapi maha dahsyat sekitar 13000 tahun yang lalu dan telah melalui proses erupsi–erupsi kecil selanjutnya. Menjadikannya danau yang indah dan menakjubkan seperti sekarang. (Sumber gambar: wattention.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading