Sukses

Info

Mengenal Sifan Hassan, Pelari Berhijab Pamer Medali Emas di Podium Penutupan Olimpiade Paris 2024, Ternyata Pernah Mengungsi Pindah Negara

Fimela.com, Jakarta Sifan Hassan adalah pelari Belanda asal Ethiopia. Ia mengukir sejarah di Olimpiade Paris 2024 dengan memenangkan medali emas di nomor maraton putri dan mencetak rekor baru untuk Olimpiade.

Prestasi Sifan Hassan juga mencakup medali di nomor lari 5.000m dan 10.000m, menjadikannya salah satu atlet paling serba bisa dalam sejarah. Sifan Hassan lahir pada bulan Januari 1993 dan ia dikenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam beradaptasi, membuatnya meraih kesuksesan atletik yang luar biasa dalam berbagai jarak.

Sifan Hassan dibesarkan di daerah pedesaan Kersa, setelah lahir di Adama, Oromia, Ethiopia. Saat berusia 15 tahun, ia mulai berlari untuk olahraga dan mengungsi dari Ethiopia ke Belanda pada tahun 2008.

Perjalanan karier atletik Sifan Hassan

Pada tahun 2013, ia memperoleh kewarganegaraan Belanda saat menempuh pendidikan keperawatan. Sifan Hassan memulai debutnya i maraton pada tahun 2023, memenangkan London Marathon, lalu mencetak rekor baru di Chicago Marathon, serta merupakan maraton perempuan tercepat kedua yang pernah ada.

Sifan Hassan menutup minggu yang luar biasa di Olimpiade Paris 2024 dengan memenangkan medali mas di nomor maraton putri, mencetak rekor baru untuk Olimpiade. Pelari Belanda ini sebelumnya telah memenagkan medali perunggu di nomor 5.000m dan 10.000m di Olimpiade.

Ini menjadikan Sifan Hassan menjadi atlet kedua dalam sejarah yang memenangkan medali di nomor 5.000m, 10.000m, dan maraton di satu edisi Olimpiade Musim Panas, menyamai prestasi pelari Ceko, Emil Zapotek pada tahun 1952. Namun tidak seperti Emil Zapotek yang memenangkan emas ketiga nomor tersebut, Sifan Hassan meninggalkan Paris dengan 1 emas dan 2 perunggu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading