Sukses

Info

Kebaya Legendaris Milik Tien Soeharto Bakal Dipamerkan di Hari Kebaya Nasional

Fimela.com, Jakarta Hari Kebaya Nasional 2024 bakal jadi gelaran bersejarah dan cukup meriah tahun ini. Disampaikan oleh Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo bahwa akan ada delaan kebaya legendaris milik Tien Soeharto yang bakal dipamerkan.

"Kowani melakukan audiensi dengan salah seorang anak Ibu Tien Soeharto, yakni Ibu Titiek Soeharto. Beliau sangat mengapresiasi pelaksanaan Hari Kebaya Nasional yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya ini," ujar Giwo dalam siaran pers.

Giwo menjelaskan Tien Soeharto menjadi salah satu sosok perempuan Indonesia yang mencintai kebaya. Ibu dari Titiek Soeharto itu juga terbilang konsisten mengenakan kebaya dalam kehidupan sehari-harinya. Baik untuk acara resmi kenegaraan maupun acara kasual.

"Ibu Tien Soeharto merupakan salah seorang pahlawan nasional perempuan, dari total 16 perempuan yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional di Indonesia," ujar aktivis perlindungan perempuan dan anak itu.

 

8 kebaya Tien Soeharto

Sebanyak delapan kebaya akan ditampilkan di Hari Kebaya Nasional 2024 pada 24 Juli 2024 di Istora Senayan. Salah satunya model kutu baru yang dipasangkan dengan kain wiron. Kain wiron sendiri menjadi kain Batik yang dilipat seperti kipas. Koleksi ini akan dipasang pada manekin sehingga memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan dan mengabadikan tampilan kebaya milik Tien Soeharto tersebut.

Penyelenggaraan Hari Kebaya Nasional 2024 sendiri sesuai dengan Kepres 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Disebutkan bahwa HKN jadi upaya sinegritas perempuan Indonesia dan Asia Tenggara dalam mengajukan kebaya sebagai warisan budaya tak benda melalui joint nomination ke UNESCO.

 

HKN 2024

Dengan diadakannya HKN pun bertujuan memperkenalkan dan menggaungkan kembali kebaya sebagai bagian dari sejarah perjuangan para perempuan Indonesia. Sekaligus meningkatkan wujud cinta, bangga, pada identitas bangsa dan Tanah Air. Selain itu, juga melestarikan warisan budaya dengan menjadikan kebaya sebagai salah satu wadah kreativitas tanpa menghilangkan nilai pakemnya. Serta menjadikan kebaya sebagai busana wanita yang dipakai dalam berbagai acara.

Tahun ini, pelaksanaan HKN 2024 mengusung tema "Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya". Gelaran HKN 2024 menjadi kerja sama Kowani dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, komunitas kebaya, media massa, dan berbagai mitra.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading