Sukses

Info

Tahan hingga 1 Bulan, Ini Cara Efektif Simpan Daun Pisang Agar Awet Segar dan Tetap Hijau

Fimela.com, Jakarta Meskipun telah hadir berbagai inovasi metode pembungkusan makanan seperti kertas minyak, kardus, sterofoam, dan sejenisnya, daun pisang tetap menjadi pilihan utama.

Daun pisang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan aroma makanan karena kandungan alaminya. Menurut informasi dari Radio Republik Indonesia, daun pisang mengandung senyawa antimikroba yang efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri pada makanan. 

Karena keunggulannya tersebut, daun pisang telah menjadi ide bisnis yang populer dengan permintaan ekspor yang tinggi. Namun, untuk menjaga kualitasnya, diperlukan trik khusus agar daun pisang tidak cepat layu dan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Sebagai contoh, trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @wilumakan pada Jumat (21/6/2024) dapat menjadi referensi.

Peralatan yang Dibutuhkan

Tak hanya daun pisang, perlu juga disiapkan beberapa peralatan berikut:

  • Kain lap bersih
  • Sedikit air
  • Plastik vakum
  • Mesin vakum

Bersihkan Daun Pisang dengan Kain

Pertama-tama, lembabkan kain menggunakan sedikit air. Pastikan kain tidak terlalu basah, tetapi hanya cukup agar sedikit lembab.

Masukkan Daun ke dalam Plastik

Langkah berikutnya adalah menumpuk semua lembaran daun pisang yang telah dibersihkan dan kemudian menggulungnya. Setelah itu, masukkan gulungan daun tersebut ke dalam kantong plastik vakum.

Vakum dan Simpan di dalam Freezer

Setelah itu, kosongkan udara dari dalam plastik dengan menggunakan mesin vakum. Jika mesin vakum tidak tersedia, pilihan lainnya adalah membungkus daun pisang dengan plastik biasa, namun pastikan pembungkusannya rapat.

Terakhir, letakkan daun pisang yang telah dibungkus rapat atau divakum ke dalam freezer. Metode ini akan menjaga kesegaran daun pisang selama satu bulan. Selamat mencoba!

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daun Pisang

Daun Pisang Mengandung Unsur Apa?

Daun pisang mengandung nutrisi penting seperti vitamin B6 dan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Tambahan kalium di dalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan jantung serta membantu mengatur tekanan darah.

Apakah Daun Pisang Bisa Diolah?

Sekarang ini, ekstrak dari daun pisang dapat diproses dan dicampurkan ke dalam berbagai adonan makanan agar cita rasanya lebih ditingkatkan.

Apakah Daun Pisang Bisa Dibuat Pupuk?

Abu yang dihasilkan dari daun pisang mengandung sejumlah besar kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Komposisi ini sangat berguna bagi tanah dan tanaman. Penggunaan abu dari daun pisang sebagai pupuk dapat meningkatkan kesuburan tanah dan mendorong pertumbuhan tanaman.

Apakah Semua Daun Pisang Bisa Digunakan?

Tidak semua daun pisang bisa digunakan. Contoh daun pisang yang disarankan adalah daun pisang raja, pisang batu, dan pisang kepok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading