Sukses

Info

Hanya Butuh 2 Bahan Dapur, Begini Cara Ampuh Bersihkan Kloset Berkerak

Fimela.com, Jakarta Masalah umum yang sering dihadapi adalah kerak yang menempel pada kloset. Ini disebabkan oleh penumpukan mineral seperti kalsium dan magnesium dari air, kotoran, serta sisa-sisa sabun.

Semakin lama dibiarkan tanpa membersihkan dengan benar, partikel-partikel ini akan semakin sulit untuk dihilangkan dari permukaan kloset. Akibatnya, kerak terbentuk dan bahkan setelah dibersihkan, kloset masih terlihat kotor.

Namun, tidak perlu cemas karena biasanya lemon sering digunakan dan terbukti efektif untuk membersihkan kerak. Tetapi jika tidak ada lemon di rumah, metode dari akun Instagram @indah3yani ini dapat dicoba.

Hanya dengan menggunakan dua bahan dapur, kerak yang membandel pada kloset dapat dihilangkan tanpa perlu menggosoknya dengan keras. Berikut penjelasannya yang dikumpulkan pada Rabu (19/6/2024).

Bahan dan Peralatan

  • Soda kue
  • Sabun cuci piring
  • Air secukupnya
  • Sikat gigi
  • Botol semprot

Campurkan Seluruh Bahan

Langkah awalnya adalah mencampurkan sabun cuci piring bersama soda kue dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan sedikit air dan aduk hingga kedua bahan tersebut larut dan tercampur dengan merata.

Aplikasikan ke Permukaan Kloset

Langkah berikutnya adalah menuangkan campuran sabun dan soda kue ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan larutan ini ke permukaan toilet, fokus pada area yang mengalami kerak, dan gosoklah dengan menggunakan sikat gigi.

Bilas Kloset dengan Air

Terakhir, apabila busa yang muncul telah berubah warna menjadi coklat atau abu-abu, ini menunjukkan kerak sudah mulai hilang. Segera bilas dengan air mengalir. Kloset akan kembali bersih tanpa adanya kerak. Semoga berhasil!

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Membersihkan Kloset

Bagaimana Cara Menghilangkan Kerak pada Kloset?

Untuk menghilangkan kerak di dalam toilet, coba tuangkan cuka ke area yang kotor. Gosoklah dengan hati-hati dan bilas bersih. Setelah itu, diamkan selama sekitar 5 menit sebelum menambahkan baking soda ke dalam cuka. Biarkan reaksi berbusa tersebut terjadi selama 10 menit sebelum menggosok kembali permukaannya.

Kenapa Kloset Berwarna Hitam?

Pertumbuhan jamur adalah penyebab utama timbulnya noda hitam di toilet. Jamur ini tumbuh paling baik di tempat yang lembap dan minim cahaya, sehingga toilet menjadi lingkungan yang sangat mendukung untuk perkembangannya.

Berapa Kali Membersihkan Kloset?

Lakukan pembersihan toilet minimal seminggu sekali. Untuk rumah tangga yang lebih banyak anggota, bersihkan setiap dua hingga tiga hari sekali. Meski begitu, tidak perlu melakukan pembersihan yang detail tiap kali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading