Sukses

Info

10 Destinasi Wisata Seru dan Ramah Anak dari Berbagai Kota Besar di Indonesia, Bisa Jadi Tujuan saat Libur Sekolah

Fimela.com, Jakarta Para siswa dari tingkat SD hingga SMA telah menyelesaikan ujian sekolah (US) dan segera akan memasuki liburan panjang menjelang naik ke kelas berikutnya. Liburan sekolah di DKI Jakarta akan dimulai pada tanggal 22 Juni hingga 6 Juli 2024. Sementara itu, di wilayah lain seperti Jawa Tengah, libur akan berlangsung lebih lama hingga 20 Juli 2024, dan di Jawa Timur hingga 13 Juli 2024. Sedangkan di Jawa Barat, libur sekolah baru akan dimulai pada tanggal 1 Juli hingga 13 Juli 2024.

Selama masa liburan, anak-anak memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas selain hanya diam di rumah atau bermain di sekitarnya. Orang tua pun dapat memanfaatkan momen ini untuk mengajak anak-anak mereka berlibur. Ada banyak destinasi wisata seru dan menarik di berbagai kota di Indonesia yang pas untuk liburan anak sekolah.

Lantas destinasi wisata seru apa saja yang bisa jadi tujuan saat libur sekolah ? Berikut informasinya dirangkum pada Selasa (11/06/2024).

Jakarta

Beragam opsi destinasi liburan sekolah tersedia di Jakarta, mencakup ragam pengalaman mulai dari eksplorasi alam, warisan budaya, hingga perjalanan sejarah. Beberapa di antaranya adalah Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan, serta petualangan seru di Ancol dengan kunjungan ke Dufan atau Sea World.

Bogor

Berjarak lebih dekat dari Jakarta, Bogor menawarkan alternatif bagi mereka yang ingin berlibur di wilayah Jabodetabek. Terdapat sejumlah lokasi wisata menarik di Bogor yang patut untuk dikunjungi, seperti Taman Safari Indonesia Bogor, Bogor Aquagame, The Jungle Waterpark Bogor, dan berbagai destinasi lainnya.

Yogyakarta

Saat liburan sekolah, Yogyakarta juga menjadi destinasi yang menarik. Wisata di Yogyakarta sangat beragam, mulai dari kuliner khas, tempat bersejarah, hingga keindahan alamnya. Beberapa tempat yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Jalan Malioboro, Candi Prambanan, Taman Pintar, kebun binatang Gembira Loka, dan masih banyak lagi.

Bandung

Bagi warga Jakarta, Bandung juga merupakan opsi liburan yang mudah diakses. Ada beberapa lokasi wisata menarik di Bandung yang dapat dikunjungi saat musim liburan, seperti Ranca Upas, Kawah Putih, Farmhouse Susu Lembang, Bandung Zoo, dan masih banyak lagi.

Semarang

Semarang juga menjadi salah satu tempat yang kurang terkenal untuk dikunjungi saat liburan anak sekolah. Di kota ini, terdapat beberapa tempat menarik yang patut dikunjungi seperti Kampung Batik, Saloka Theme Park, dan The Wujil Aquapark.

Medan

Bagi yang ingin mengeksplorasi Pulau Sumatera, Medan juga menawarkan pilihan destinasi liburan sekolah yang menarik. Beberapa objek wisata yang patut dikunjungi di Medan termasuk Hairos Waterpark, Bukit Lawang, dan Museum Tjong A Fie Mansion.

Surabaya

Di Surabaya, ada beberapa lokasi wisata menarik yang juga bisa dinikmati selama liburan sekolah. Beberapa di antaranya adalah Suncity Waterpark, Blockbuster Museum, dan Hutan Bambu Keputih.

Pekanbaru

Berbagai destinasi wisata di Pekanbaru menawarkan daya tarik yang tak kalah menariknya. Tersedia beragam tempat hiburan seperti taman rekreasi, museum, dan situs-situs bersejarah yang patut dikunjungi, di antaranya Asia Farm Theme Park, Candi Muara Takus, Labersa Waterpark, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Malang

Kurang dikenalnya Kota Malang sebagai destinasi liburan anak sekolah tidak sebanding dengan banyaknya objek wisata menarik dan edukatif di sana. Di antaranya adalah Jatim Park 1 serta Museum Angkut. Tak hanya itu, tersedia juga Batu Night Spectacular dan Kampung Jodipan yang menarik dengan keberagaman warna yang ada.

Bali

Beragam lokasi wisata di sana menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak, seperti Tanah Lot, pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu, Sacred Monkey Forest di Ubud, dan banyak lagi destinasi menarik lainnya.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Destinasi Wisata

Kenaikan Kelas 2024 Bulan Apa?

Berdasarkan informasi pada Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2023/204, libur kenaikan kelas 2024 dijadwalkan pada 24 Juni hingga 20 Juli 2024.

Kapan Libur Kenaikan Kelas 2024?

Berdasarkan informasi pada Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2023/204, libur kenaikan kelas 2024 dijadwalkan pada 24 Juni hingga 20 Juli 2024. Artinya, murid SD hingga SMA sederajat di Jawa Tengah akan libur selama 27 hari di akhir tahun ajaran.

Liburan Jakarta Kemana Saja?

Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Trans Studio Cibubur, Wisata ke Pulau Seribu, Kota Tua, Jakarta Aquarium, Tebet Eco Park, dan Kawasan Blok M.

Jenis Wisata Apa Aja?

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pariwisata Budaya
  • Pariwisata Alam
  • Pariwisata Petualangan
  • Pariwisata Bisnis
  • Pariwisata Religius

Apa yang Dimaksud dengan Destinasi Wisata?

Destinasi pariwisata adalah kawasan geografis yang berada dalam satu atau lebih wilayah administratif yang di dalamnya terdapat daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata dan aksesibilitas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading