Sukses

Info

Trik Bikin Tahu Krispi Rekah Renyah dan Tahan Lama, Campurkan Bahan-bahan Dapur Ini

Fimela.com, Jakarta Biasanya, tahu goreng hanya terasa garing saat baru saja diangkat dari penggorengan. Namun, begitu dingin, teksturnya cenderung menjadi lembek.

Banyak orang tidak menyukai tahu goreng yang sudah kehilangan kerenyahannya. Lalu, apa yang bisa kita lakukan agar tahu krispi tetap terjaga kerenyahannya dalam waktu yang lebih lama?

Beberapa tips berikut dapat kalian lakukan untuk membuat tahu tetap krispi, yang dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (7/6).

Lapisi dengan Tepung Kering

Sebelum menggoreng tahu yang telah dicelupkan ke dalam adonan basah, lebih baik untuk melapisi dengan tepung kering terlebih dahulu.

Dengan melakukan langkah ini, tahu akan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Tidak hanya itu, tahu yang dilapisi tepung kering juga akan tetap renyah lebih lama.

Tambahkan Tepung Beras, Tapioka, dan Maizena

Agar tahu goreng renyah maksimal, penting untuk mencampurkan beragam jenis tepung. Jangan hanya memakai tepung terigu, tetapi tambahkan pula sedikit tepung beras, tapioka, atau maizena.

Ketiga jenis tepung ini dapat menghasilkan kerenyahan dan kekerasan yang diinginkan setelah proses penggorengan. Namun, perlu diingat untuk tidak menambahkan terlalu banyak karena hal itu bisa membuat tahu terlalu keras.

Tambahkan Baking Powder

Baking powder tidak hanya berguna untuk mengembangkan adonan roti, tetapi juga dapat memberikan kerenyahan dan krispi pada adonan tahu goreng.

Tambahkan sedikit baking powder, biasanya sekitar satu sendok teh dalam adonan standar rumahan. Namun, jika membuat adonan dalam jumlah besar, seperti untuk keperluan jualan, boleh ditambahkan lebih banyak.

Baking powder akan menciptakan struktur berongga dan ringan pada hasil gorengan sehingga memberikan kerenyahan yang diinginkan.  

Keringkan Tahu Terlebih Dulu

Sebelum menggoreng, pastikan tahu sudah ditiriskan untuk menghilangkan kelebihan air. Jika tahu digoreng dalam kondisi masih basah, hasilnya akan lembek dan tidak renyah.

Setelah tahu dipotong, gunakan tisu atau kain untuk menyerap sisa air. Agar tahu lebih garing, Anda bisa mengukus tahu terlebih dahulu dan membiarkannya hingga dingin sehingga kadar airnya berkurang. Kemudian, potong dan goreng tahu untuk mendapatkan hasil yang renyah.

Goreng Dua Kali

Agar tahu tetap lembut di dalam dan renyah di luar, rahasianya adalah menggoreng dua kali. Setelah tahu dilapisi dengan adonan basah dan kering, goreng tahu sebentar kemudian tiriskan selama sekitar 3 menit sebelum menggorengnya kembali.

Metode ini membantu mengurangi kelembapan di lapisan luar tahu sehingga hasil akhirnya adalah tahu yang renyah lebih lama dan tetap lembut di dalam.

Rendam dengan Kapur Sirih

Merendam tahu dalam larutan kapur sirih bisa menjadi cara efektif untuk menjaga kerapuhan tahu goreng lebih lama. Tahu yang lembut dan mudah hancur akan memiliki tekstur luar yang keras setelah direndam dalam air kapur selama beberapa waktu.

Ketika digoreng, bagian luar tahu menjadi kering dan renyah tanpa perlu balutan tepung. Cukup bumbui dengan bawang dan garam, kemudian goreng langsung.

Cubit-cubit Tahu Sebelum Digoreng

Untuk menciptakan tahu dengan tekstur garing menyerupai ayam goreng ala Kentucky, cubit-cubit adonan kering pada tahu sebelum digoreng.

Metode ini menghasilkan tahu goreng dengan permukaan keriting yang tetap renyah lebih lama, berkat lapisan krispi yang menjaga kelezatan dan kekenyalannya.

Berapa Lama Merendam Tahu dalam Air Garam?

Tahu sebaiknya direndam dalam air garam selama sekitar 30 menit hingga satu jam. Setelah selesai, tiriskan tahu dari air rendaman tersebut.

 

Kenapa Tahu Harus Direndam Air Garam?

Proses perendaman tahu dalam air garam selama 15 menit sebelum digoreng bertujuan untuk menambahkan rasa gurih dan membantu memperpanjang daya simpan tahu.

 

Apakah Memasak Tahu Harus Dicuci Dulu?

Tahu perlu direndam dalam air garam selama sekitar 1 hingga 1,5 jam seperti yang disarankan oleh Sajian Sedap. Sebelum digoreng, tahu harus dicuci bersih dan dikeringkan agar saat digoreng minyak tidak memercik.

 

Apakah Tahu Crispy Sehat?

Konsumsi tahu crispy secara berlebihan dan sering dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak-anak. Misalnya, anak bisa berisiko mengalami radang tenggorokan, obesitas, diabetes di kemudian hari, serta peningkatan kadar kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading