Sukses

Info

Benarkah Kacang Tanah Mengandung Kolesterol Tinggi? Berikut Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Kacang tanah juga dikenal sebagai kacang mete adalah camilan populer yang disukai secara luas di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, kacang tanah juga dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa.

Salah satunya adalah kemampuannya untuk mendukung kesehatan kolesterol. Namun, pertanyaannya adalah apakah kacang tanah memang mengandung kolesterol tinggi?

Berikut ini penjelasan rinci yang diambil dari berbagai sumber pada (3/6).

Apakah Kacang Tanah Mengandung Kolesterol?

Menurut laporan yang USDA (United States Department of Agriculture), kacang tanah tidak mengandung kolesterol sedikit pun, bahkan secara khusus tidak ada kolesterol di dalamnya.

Terlebih lagi, kacang tanah mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam aliran darah.

Oleh karena itu, kacang tanah dapat dikonsumsi oleh individu yang mengalami peningkatan kadar kolesterol. Meskipun demikian, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi kacang tanah sebaiknya diimbangi dengan asupan makanan lain yang sehat.

Individu yang mengalami alergi terhadap kacang tanah atau memiliki kondisi kesehatan tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kacang tanah.

Kandungan dalam Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung protein nabati yang berkualitas yang sangat sesuai bagi mereka yang menerapkan pola makan vegetarian atau vegan dengan tujuan memenuhi kebutuhan protein mereka.

Meskipun kacang tanah memiliki kandungan lemak, mayoritasnya adalah jenis lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Kacang tanah juga memiliki kandungan serat pangan yang membantu menjaga kesehatan pencernaan serta membantu mengendalikan tingkat kolesterol.

Selain itu, kacang tanah kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin E, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan selenium yang memainkan peran penting dalam melawan radikal bebas dan peradangan dalam tubuh. Meskipun memberikan manfaat untuk kolesterol, disarankan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang seimbang.

Dalam setiap 100 gram kacang tanah, terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • Total lemak 49 g
  • Lemak jenuh 7 g
  • Sodium 18 mg
  • Kalium 705 mg
  • Serat diet 9 g
  • Gula 4 g
  • Protein 26 g

Cara Mengolah Kacang Tanah

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir kacang tanah (tanpa kulit)
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga mencapai suhu 175°C.
  2. Campurkan kacang tanah, minyak nabati, serta garam di dalam wadah besar.
  3. Aduk rata hingga kacang tanah terbalut minyak dan garam secara merata. Ratakan kacang tanah di atas loyang yang datar.
  4. Panggang di dalam oven selama sekitar 15-20 menit atau sampai kacang tanah berubah warna menjadi keemasan.
  5. Dinginkan kacang tanah sebelum disajikan.

Apakah Kolesterol Tinggi Boleh Makan Kacang Tanah?

Kacang tanah adalah salah satu jenis kacang yang bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah kolesterol. Menyertakan kacang tanah dalam pola makan juga dapat membantu mengurangi potensi terjadinya gangguan jantung.

 

Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Makan Kacang Tanah?

Jenis kacang yang sebaiknya dihindari oleh individu yang menderita asam urat adalah kacang tanah. Hal ini dikarenakan dalam setiap ons kacang tanah terdapat sekitar 22 miligram purin.

 

Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Makan Apa?

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari, yaitu produk susu tinggi lemak seperti susu, mentega, yoghurt dengan kadar lemak penuh, dan keju. Selain itu, daging merah seperti steak, daging panggang, iga sapi, dan daging sapi cincang juga sebaiknya diminimalkan.

 

Kacang Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, almond, dan kedelai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading