Sukses

Info

Trik Bersihkan Mesin Blender Kotor Berkerak Tanpa Digosok Sabun, Hanya Perlu 1 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Banyak orang sering kali lalai membersihkan mesin blender karena posisinya yang tersembunyi. Meskipun bagian mesinnya tertutup oleh wadah blender, debu masih bisa menumpuk jika tidak dibersihkan secara rutin.

Seorang pengguna Instagram asal India dengan akun @priya_dwarke baru-baru ini membagikan video tutorial tentang cara membersihkan mesin blender yang kotor.

Tutorialnya sangat sederhana dan mudah diikuti, hanya membutuhkan satu bahan dapur untuk mengembalikan mesin blender menjadi bersih seperti baru. Informasi ini dirangkum pada Selasa (4/6/2024).

Bahan dan Peralatan

Di dalam video reel singkatnya, @priya_dwarke terlihat menggunakan soda kue sebagai bahan pembersih. Dia juga mencampurkannya dengan air panas dan menggunakan sikat untuk membersihkan bagian-bagian kecil pada mesin blender.

Taburkan Soda Kue

Pertama, pisahkan wadah blender dari mesinnya. Setelah itu, tuangkan soda kue sebanyak satu sendok makan di sekitar bagian-bagian mesin blender yang kotor. Soda kue tersebut bertindak sebagai agen aktif untuk melonggarkan kotoran yang menempel pada mesin blender, sehingga memudahkan proses pembersihan.

Tuangkan Air Panas

Kedua, tuangkan air mendidih ke dalam blender. Keberadaan air panas ini akan membantu fungsi soda kue untuk melonggarkan kotoran yang menempel pada permukaan blender, sekaligus memusnahkan bakteri serta menjadikan blender steril.

Diamkan 10 Menit

Pada tahap ketiga, biarkan campuran soda kue dan air panas tersebut selama sepuluh menit, supaya zat aktif soda kue untuk bereaksi dengan kotoran pada mesin blender, membuatnya menjadi lebih lunak.

Gosok dengan Sikat

Lakukan pembersihan pada mesin blender dengan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Pastikan setiap bagian terjangkau, sehingga mesin blender bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Setelah itu, bilas mesin menggunakan air mengalir. Dengan demikian, mesin blender akan kembali bersih seperti baru. Selamat mencoba!

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Blender

Bagaimana Cara Melakukan Perawatan pada Blender?

  1. Selepas penggunaan blender, segera lakukan pencucian menyeluruh.
  2. Basuh silinder blender dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.
  3. Pastikan blender telah betul-betul kering setelah proses pencucian selesai.
  4. Hindari mengisi silinder blender melebihi batas kapasitas yang disarankan.
  5. Potong bahan makanan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam blender.

Kenapa Mesin Blender Bau Gosong?

Penggunaan yang berlebihan menjadi salah satu faktor timbulnya aroma terbakar pada blender. Apabila blender digunakan secara terus-menerus, motor dapat mengalami peningkatan suhu yang signifikan dan menghasilkan aroma hangus.

Apa Penyebab Blender Mengeluarkan Percikan Api?

Kejadian percikan api di dalam blender dapat terjadi ketika sikat karbon tidak berada pada posisi sejajar dengan permukaan komutator, atau jika permukaan komutator tidak rata. Selain itu, percikan api juga mungkin disebabkan oleh kelongsoran sikat karbon atau pegas yang tidak menempel dengan kuat pada sikat karbon.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading