Sukses

Info

Lakukan 5 Tips Sederhana ini agar Perabotanmu Tidak Mudah Berkarat

Fimela.com, Jakarta Beberapa perabotan di rumah terbuat dari besi. Menggunakan perabotan dari besi memang efisien, dari segi ketahanan hingga perabotan tersebut berkarat. Selain membuat pemandangan yang kurang mengenakkan, perabotan berkarat juga membuat perabotan semakin berkurang ketahanannya.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menjaga perabotan agar tidak mudah berkarat. Fimela telah merangkumkan beberap tips yang dapat dicoba di rumah.  Berikut adalah 5 tips sederhana agar perabotan tidak mudah berkarat:

1. Hindari Terkena Air dan Lembab

Jaga perabotan untuk tetap kering. Jika terlihat ada yang basah atau lembab segera lap dengan handuk atau kain untuk mengeringkannya. Ketika besi bertemu dengan air dan oksigen akan terjadi proses oksidasi. Kemudian mulai muncul bintik kecil coklat yang menjadi awal karat.

2. Gunakan Anti Karat

Agar tidak mudah berkarat, lapisi perabotan dengan semprotan anti karat, minyak mineral atau bubuk anti karat. Anti karat sudah banyak dijual bebas di toko perabotan atau di e-commerce. Pelapis anti karat selain mudah digunakan juga lebih aman karena tidak menimbulkan polusi atau limbah.

3. Simpan di Tempat Kering

Saat menyimpan perabotan besi, pastikan simpan di tempat yang kering atau tidak lembab. Ini menghindari perabotan berkarat dengan cepat. Hindari juga penyimpanan yang terkena sinar matahari secara langsung.  Untuk mencegah oksidasi atau memudarnya cat, serta besi yang mengering dan mengelupas.

4. Tutup saat Tidak Digunakan

Mungkin akan repot untuk selalu memindahkan perabotan besar untuk disimpan. Untuk perabotan dalam ukuran yang besar, usahakan untuk menutup permukaan apabila sedang tidak digunakan. Seperti meja, kursi atau rak besi bisa gunakan kain bersih atau plastik pelindung.

5. Rutin Dibersihkan

Untuk mencegah perabotan besi agar tidak mudah berkarar. Sahabat Fimela perlu rutin membersihkannya dari debu dengan kain bersih. Jika ada noda membandel, bersihkan dengan detergen dan usap secara perlahan. Sikap halus juga bisa digunakan untuk membersihkan perabotan ini.

Selalu pastikan perabotanmu bersih dan tersimpan di tempat yang kering. Tidak lupa gunakan anti karat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini berguna untuk Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading