Sukses

Info

Trik Hilangkan Kerak Mesin Cuci Tanpa Harus Dibongkar, Resepnya Pakai 1 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Sebagaimana peralatan elektronik pada umumnya, mesin cuci yang sering digunakan lama-kelamaan pasti berisiko kotor. Noda lumut atau kerak seringkali bersarang di dalam dan di sela-sela tabung mesin cuci. Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut bisa menempel pada pakaian yang dicuci di dalamnya.

Selain itu, noda kerak juga dapat menghambat dan merusak kinerja mesin cuci. Namun, banyak orang masih kesulitan menemukan cara yang mudah untuk membersihkan mesin cuci, terutama pada bagian sela-sela yang sulit dijangkau. Akhirnya, banyak yang lebih memilih untuk membawa mesin cucinya ke tukang servis hanya untuk dibersihkan. Padahal, ada trik sederhana dan lebih terjangkau untuk membersihkan kerak pada mesin cuci.

Trik sederhana untuk membersihkan kerak mesin cuci tanpa dibongkar ini dibagikan oleh seorang warganet YouTube dengan nama pengguna Yoga Arief. Berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada Rabu (10/7/2024).

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan : 

  1. Mangkuk
  2. Sabun cuci piring
  3. Sitrun (citric acid)
  4. Air panas

Siapkan Racikan Pembersih

Untuk membuat campuran pembersih, masukkan sabun cuci piring dan sitrun secukupnya ke dalam mangkuk. Setelah itu, tuangkan air panas secukupnya ke dalam campuran tersebut. Aduk hingga sabun cuci piring dan sitrun benar-benar larut dalam air.

Siramkan Racikan ke dalam Mesin Cuci

Tuangkan campuran pembersih yang telah disiapkan ke dalam mesin cuci secara perlahan. Setelah itu, tunggu beberapa saat. Kemudian, bilas bagian dalam mesin cuci dengan air bersih bersuhu ruangan.

Putar Manual Spinner Mesin Cuci

Sambil menyiram dengan air bersih, putar manual spinner mesin cuci dengan tangan agar air dapat lebih mudah masuk ke sela-sela mesin cuci.

Isi Mesin Cuci dengan Air Bersih

Langkah terakhir, tuangkan air bersih ke dalam mesin cuci dan hidupkan mesinnya. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mesin cuci dari sisa-sisa deterjen yang masih menempel.

Dapatkah Kita Membersihkan Mesin Cuci dengan Sitrun?

Ya, bubuk sitrun memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan kerak yang menempel di peralatan masak. Sitrun juga efektif dalam menjernihkan air dari kotoran. Karena itu, tidak mengherankan jika metode membersihkan mesin cuci dengan sitrun sering digunakan.

 

 

 

 

 

Apakah Memungkinkan untuk Membersihkan Mesin Cuci dengan Menggunakan Air Panas?

Setelah mengosongkan mesin cuci, jalankan program pencucian dengan penggunaan air panas. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan residu deterjen yang menumpuk di dalam drum mesin cuci.

Dapatkah Soda Kue Digunakan untuk Membersihkan Mesin Cuci?

Selain cuka putih, Anda juga bisa membersihkan mesin cuci menggunakan soda kue. Cara membersihkannya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu soda kue dan sedikit minyak esensial.

Apakah Sitrun Itu Aman?

Secara umum, sitrun dianggap aman. Meskipun demikian, asam sitrat bisa menimbulkan beberapa masalah terkait keselamatan dan kesehatan, sebagaimana yang dicatat oleh Kartu Keselamatan Kimia Internasional (ICSC) dari National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) mengenai asam sitrat.

Apakah Aman Menggunakan Cuka di Mesin Cuci?

Cuka merupakan pilihan yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan dalam mesin cuci standar, lebih baik daripada deterjen komersial. Semua jenis cuka mengandung asam asetat yang memiliki efek mencerahkan, melembutkan, dan menghilangkan bau pada cucian.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading