Sukses

Info

Meta Luncurkan Fitur Keamanan dan Kenyamanan, Bantu Orangtua Dampingi Anak Remajanya Bermain Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Meta ingin remaja memiliki pengalaman yang aman dan sesuai dengan usia saat menggunakan aplikasi yang dikelola oleh Meta seperti Instagram dan Threads. Meta telah mengembangkan lebih dari 30 tools dan fitur untuk membantu mendukung remaja serta orang tua mereka. Selama lebih dari satu dekade, kami bekerja keras mengembangkan kebijakan dan teknologi untuk mengatasi konten dan perilaku yang melanggar aturan Meta.

Pada awal bulan ini, Meta mengumumkan langkah-langkah baru untuk lebih membatasi kemampuan remaja dalam mengakses konten yang berpotensi sensitif di Instagram dan Facebook, serta peringatan baru untuk mendorong remaja menutup Instagram pada malam hari. Selain itu, Meta juga mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk membantu melindungi remaja dari interaksi yang tidak diinginkan, dan untuk memudahkan orangtua membimbing pengalaman online remaja mereka.

Tentu saja Meta memiliki alasan antara lain Meta ingin terus meningkatkan upaya untuk menyajikan pengalaman yang sesuai usia dengan remaja, serta memudahkan orang tua dalam membimbing pengalaman online anak remaja, Meta juga mengambil langkah ekstra untuk melindungi remaja dari interaksi yang tidak diinginkan dengan secara otomatis menonaktifkan kemampuan mereka untuk menerima pesan dari siapapun yang tidak mereka ikuti atau tidak terhubung dengan mereka. Sebelumnya, remaja dapat mengubah pengaturan tertentu di Instagram. Kini mereka harus mendapatkan persetujuan dari orang tua mereka melalui fitur pengawasan orang tua di Instagram. Berikut informasi lengkapnya. 

Pengaturan pesan pribadi yang lebih ketat untuk remaja

Untuk membantu melindungi remaja dari interaksi yang tidak diinginkan di Instagram, Meta membatasi orang dewasa berusia di atas 19 tahun untuk mengirim pesan kepada remaja yang tidak mengikuti mereka. Meta juga membatasi jenis dan jumlah pesan langsung (DM) yang dapat dikirim oleh orang yang tidak mengikuti mereka menjadi satu pesan teks saja.

Hari ini Meta mengumumkan langkah tambahan untuk meningkatkan perlindungan remaja dengan menonaktifkan kemampuan mereka untuk menerima DM dari siapapun yang tidak mereka ikuti atau yang tidak terhubung dengan mereka di Instagram – termasuk remaja lain.

Dengan pengaturan standar baru ini, remaja hanya bisa menerima pesan atau diundang ke dalam obrolan grup oleh orang-orang yang sudah terhubung dengan mereka, sehingga remaja dan orang tua merasa lebih yakin, bahwa mereka tidak akan menerima pesan dari orang yang tidak mereka kenal di DM mereka. Remaja denganakun yang diawasi harus mendapatkan izin dari orang tua mereka untuk mengubah pengaturan ini (lihat informasi lebih lanjut di bawah).

Pengaturan standar ini akan diterapkan pada semua remaja berusia di bawah 16 tahun (atau di bawah 18 tahundi beberapa negara). Mereka yang sudah menggunakan Instagram akan menerima notifikasi di bagian atas Feed mereka yang menginformasikan, bahwa Meta telah mengubah pengaturan pesan mereka.

Meta juga membuat perubahan pengaturan standar remaja ini di Messenger. Remaja di bawah 16 tahun (atau dibawah 18 tahun di beberapa negara) sekarang hanya akan menerima pesan dari teman Facebook atau orang yang terhubung dengan mereka melalui kontak telepon.

Selain itu, Meta berencana untuk meluncurkan fitur baru yang dirancang untuk membantu melindungi remaja agar tidak melihat gambar yang tidak diinginkan dan berpotensi tidak pantas melalui pesan dari orang yang sudah terhubung dengan mereka, dan untuk mencegah mereka mengirimkan gambar-gambar semacam itu. Meta akan memberikan informasi lebih lanjut tentang fitur ini, yang juga akan berfungsi dalam obrolan yang dienkripsi, pada akhir tahun ini.

Membantu orang tua membimbing pengalaman online remaja mereka

Meta meluncurkan pengawasan orang tua di Instagram pada Maret 2022 untuk yang pertama kalinya, dan secara berkala terus menambahkan fitur baru untuk lebih melibatkan orang tua dalam pengalaman online remaja mereka. Fitur-fitur ini mencakup kemampuan orang tua untuk menetapkan batas waktu dan jadwal istirahat, menerima pemberitahuan ketika remaja mereka memblokir seseorang atau melaporkan pengguna lain, serta mendapatkan notifikasi ketika remaja mereka mengubah pengaturannya.

Sekarang, orang tua yang menggunakan fitur pengawasan akan diminta untuk menyetujui atau menolak permintaan remaja (di bawah usia 16) yang ingin mengubah pengaturan standar keamanan dan privasi mereka menjadi yang lebih longgar - bukan hanya mendapatkan pemberitahuan tentang perubahan tersebut.

Misalnya,jika seorang remaja yang menggunakan pengawasan mencoba mengubah akun mereka dari pribadi menjadi publik, mengubah Kontrol Konten Sensitif mereka dari “Kurang” menjadi “Standar”, atau - seperti sekarang - mencoba mengubah pengaturan pesan pribadi mereka untuk menerima pesan dari orang yang belum merekaikuti atau yang belum terhubung dengan mereka, orang tua mereka akan menerima pemberitahuan untuk menyetujui atau menolak permintaan tersebut.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Unlocking the Limitless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading