Sukses

Info

Daftar Hewan Paling Setia di Dunia, Ada Angsa dan Merpati si Simbol Cinta

Fimela.com, Jakarta Jika berbicara kesetiaan, apa yang terlintas dalam benakmu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kesetiaan memiliki beberapa definisi. Kesetiaan bisa diartikan sebagai ketaatan terhadap janji atau pendirian yang teguh. Selain itu, kesetiaan juga dapat diartikan sebagai ketaatan, kepatuhan, dan keberanian hati.

Setelah memahami makna kesetiaan, perlu diketahui bahwa Tuhan tidak hanya memberikan rasa setia kepada manusia di dunia ini. Tuhan juga melimpahkan kesetiaan kepada beberapa hewan yang mendiami bumi ini.

Kesetiaan yang dimiliki oleh sebagian hewan ini tidak membuat mereka berubah pikiran meskipun pasangan mereka telah pergi. Mereka tetap setia pada satu pasangan sepanjang hidup mereka. Fakta alam ini sungguh mengejutkan, bukan?

Berikut adalah sembilan hewan yang diakui sebagai hewan paling setia di dunia, yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber pada Kamis (9/11/2023). Penasaran hewan apa saja yang termasuk di dalamnya? Ayo kita lihat lebih detail di bawah ini.

Kupu-kupu

Kupu-kupu, serangga yang mempesona dengan pola indah di sayapnya. Mungkin tak terduga bahwa kupu-kupu memiliki sifat kesetiaan. Masa hidup yang singkat dari kupu-kupu menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingginya kesetiaannya.

Lebih menarik lagi, kupu-kupu betina yang telah bersandingan memiliki cara khusus ketika didekati oleh kupu-kupu jantan. Mereka menutup sayapnya sebagai bentuk simbol penolakan dari kupu-kupu betina.

Merpati

Berikutnya, terdapat burung merpati yang sering diartikan sebagai simbol cinta, kebahagiaan, dan perdamaian. Pada acara pernikahan, tidak jarang diadakan sesi pelepasan sepasang burung merpati.

Burung merpati akan tetap setia kepada pasangannya hingga salah satu di antara keduanya meninggal dunia. Tidak hanya itu, burung merpati termasuk dalam kategori hewan yang cerdas, penuh romantisme, dan peduli terhadap keturunannya.

Meskipun mampu terbang sejauh apapun, burung merpati selalu dapat menemukan jalan pulangnya. Setelah itu, sepasang merpati akan bersinergi untuk membuat sangkar mereka dan saling bergantian dalam proses pengeraman telur.

Angsa

Biasanya, lambang cinta sering dikaitkan dengan hewan yang dikenal sebagai angsa. Kepala sepasang angsa yang bersentuhan dan membentuk simbol cinta atau hati sering dijadikan dekorasi di kamar hotel untuk menyambut pasangan yang baru menikah.

Angsa akan selalu bersama dengan pasangannya hingga akhir hayat. Jika pasangannya sudah meninggal dunia, angsa tidak akan berpaling. Namun, jika pada awalnya pasangan angsa tidak mampu melakukan reproduksi, angsa tersebut akan mencari pasangan baru.

Berang-berang

Hewan berikutnya adalah berang-berang, yang masuk dalam kategori hewan yang setia kepada pasangannya hingga akhir hidup. Selain itu, berang-berang rela melakukan segala hal untuk kelangsungan hidup keluarganya.

Dalam hal merawat anak, pasangan berang-berang bekerja sama dengan harmonis. Mereka bersama-sama mengurus anak-anaknya hingga mencapai usia 2 tahun. Setelah mencapai usia tersebut, anak berang-berang kemudian meninggalkan induknya dan membentuk keluarga baru sendiri.

Penguin Jambul

Saat mencari pasangan hidup, penguin jambul akan kembali ke daerah tempat mereka dilahirkan saat musim panas tiba. Yang menarik, setelah menemukan pasangan, penguin jambul kemudian kembali ke lokasi sarang terakhir mereka di Antartika. Perjalanan penguin jambul ini sungguh memukau!

Ketika masa penetasan telur tiba, penguin jambul bekerja sama untuk menjaga telur dan merawat anak-anak mereka. Namun, temuan penelitian menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil penguin betina yang memiliki pasangan jantan selama musim kawin.

Serigala

Selanjutnya, ada serigala. Hewan ini memang dikenal sebagai makhluk yang liar. Namun, dari sisi yang berbeda, serigala termasuk dalam kategori hewan yang sangat setia. Selama pasangan serigala masih mampu untuk berkembang biak, serigala tidak akan mencari pasangan yang lain.

Serigala merupakan binatang yang hidup secara berkelompok. Bukan hanya itu, serigala juga termasuk hewan yang rela mengorbankan dirinya. Ya, serigala bersedia untuk mati demi melindungi keluarganya, termasuk keturunannya.

Rayap

Siapa yang pernah punya pengalaman lemarinya dimakan rayap? Ternyata, rayap termasuk dalam kategori serangga yang memiliki kesetiaan tinggi terhadap pasangan. Rayap hidup dalam bentuk koloni, dipimpin oleh satu ratu saja.

Ratu ini menunjukkan kesetiaan yang sangat kuat, karena hanya bersatu dengan satu rayap jantan. Rayap jantan yang menjadi pasangan ratu akan segera mati dan tidak pernah kawin lagi.

Burung Parkit

Siapa yang suka banget pelihara burung parkit? Burung ini memerlukan pasangan untuk merasakan kebahagiaan. Burung parkit menunjukkan tingkat kesetiaan yang sangat tinggi terhadap pasangannya.

Apabila burung parkit yang kamu pelihara kehilangan pasangannya, mereka mungkin menunjukkan tindakan mencabut bulu. Selain itu, burung indah ini juga dapat menjadi hewan peliharaan yang setia terhadap pemiliknya.

Siamang

Ketika berkunjung ke kebun binatang, seringkali siamang menyambut pengunjung dengan suara melengking khasnya. Siamang juga termasuk dalam jenis hewan yang menunjukkan tingkat kesetiaan yang tinggi.

Kesetiaan pasangan siamang dapat terbentuk karena kebiasaan mereka melakukan aktivitas bersama, seperti berkolaborasi dalam mencari makanan, merawat anak, dan membentuk kelompok bersama keturunannya.

Apakah Burung Hewan Setia?

Iya, terdapat beberapa burung yang termasuk hewan setia. Misalnya burung merpati, burung bangau dan burung elang. Ketiga burung tersebut sangat setia kepada pasangannya.

Selain itu, mereka juga bahu membahu membantu pasangannya untuk membangun sarang, cari makanan, serta mengerami telur sampai merawat anak-anak.

Hewan-Hewan Apa yang Paling Romantis?

Hewan yang termasuk kategori hewan paling romantis di antaranya berang-berang laut, gajah, kuda laut, burung manakin dan burung lovebirds.

Harimau Melambangkan Apa?

Harimau, sang raja hutan menggambarkan sikap setia dan kuat. Kuat artinya mampu bertahan menghadapi berbagai lika-liku halang rintang kehidupan.

Hewan Apa yang Paling Pendiam?

Hewan yang dijuluki sebagai hewan paling pendiam yaitu siput, cacing, kepiting, kura-kura, kerrang, landak laut, dan ubur-ubur.

Hewan Apa yang Paling Cantik?

Hewan yang paling cantik jatuh kepada burung merak, kuda friesian, harimau benggala putih, burung scarlet macaw, dan anjing siberian husky.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading