Sukses

Info

Perayaan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo: Tampilkan 30 Mitra GoFood Hingga Pelatihan untuk Pelaku Usaha Lokal

Fimela.com, Jakarta Hari UMKM Nasional 2023 menjadi momen penguatan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri untuk memberdayakan UMKM khususnya di era pemulihan ekonomi. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), ekosistem digital terbesar di Indonesia, mengajak ratusan UMKM lokal untuk bergotong royong mendorong pemberdayaan UMKM melalui berbagai aktivitas, yaitu pelatihan di GoTo UMKM center Solo Technopark, GoFood Petualangan Juara Lokal Solo, dan live shopping dari Tokopedia Play yang digelar di Istana Mangkunegaran.

Mengusung tema transformasi UMKM masa depan, "GoFood Petualangan Kuliner Juara Lokal Solo" yang digelar sejak 10-13 Agustus 2023 diramaikan oleh berbagai mitra usaha GoFood dari berbagai jenis makanan dan minuman khas Solo. Menampilkan 30 mitra UMKM GoFood yang masuk ke dalam koleksi Juara Lokal Solo, GoTo berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI bersama Pemerintah Kota Solo aktif untuk mendorong pertumbuhan UMKM yang lebih baik lagi. Selain itu, para mitra bisa meningkatkan visibilitas produk kuliner dan restonya kepada masyarakat yang lebih luas lagi.

Produk Kuliner Legendaris di Solo

Dari 30 mitra yang hadir, ada lima resto juara lokal GoFood yang menampilkan produk kuliner legendaris di Solo:

  • Leker Gajahan Bapak Fathoni Jr: Pertahankan resep keluarga dan bawa jajanan tradisional naik kelas melalui adaptasi ke platform online food delivery.
  • Selat Viens: Mampu bertahan lebih dari 10 tahun, GoFood jadi jurus jitu bangkitkan kuliner legendaris khas Solo.
  • Soto Seger Hj. Fatimah: Berbekal semangat juang turun temurun, tebarkan cita rasa soto khas Solo ke penjuru Jawa Tengah.
  • Cold n Brew: Kedai kopi asli Solo yang gigih kenalkan konsep coffee shop ke warga Solo.
  • Dawet Telasih Bu Dermi: Pertahankan resep legendaris selama 93 tahun dan manfaatkan teknologi digital untuk untuk tetap eksis.

Pelatihan NIB dan Sertifikat Halal oleh Garda Transfumi

Pada tanggal 12 Agustus 2023 di Solo Techno Park, diselenggarakan acara tentang Cara Jitu Dongkrak Penjualan Online dengan NIB dan Sertifikat Halal dengan pembicara Dr. Yulius, MA (Deputi Usaha Mikro Kementrian Koperasi dan UKM), Atika Yahdiyani Ikhsani, S. TP., M.Sc. (Divisi Pendampingan Proses Produk Halal Halal Center UIN Sunan Kalijaga), Taufiqurrahman Hidayat (Pemilik Doodle Exclusive Baby Care), dan Sri Prihatin (Pemilik Klinik Rasa) yang dilanjutkan dengan pelatihan NIB dan sertifikat halal oleh Garda Transfumi. Acara ini diselenggarakan untuk mendorong pengusaha atau pelaku bisnis lokal agar bisa mengembangkan usaha dan bisnisnya lebih baik lagi. Sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat yang lebih luas tentang pentingnya memiliki NIB dan sertifikat halal dalam menjalankan usaha atau bisnis kuliner.

Melalui Digitalisasi UMKM, Para Pengusaha Lokal Diharapkan Bisa Naik Kelas

Melissa Siska Juminto, Direktur, Presiden E-Commerce GoTo menyampaikan, “Ekosistem GoTo hadir bagi UMKM, untuk terus tumbuh dan berkembang, terlebih di masa pemulihan ekonomi. Melalui unit bisnis kami, On-Demand Service, E-commerce dan Fintech, GoTo akan terus menghadirkan inovasi untuk mengantisipasi kebutuhan pelaku UMKM, di setiap fase perkembangan bisnis mereka.”

“UMKM nasional termasuk para juara lokal semakin giat berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk mendapat keunggulan kompetitif di pasar. Hingga sekarang sebanyak 22 juta UMKM sudah onboarding, dan angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan target Pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital. Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas," Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki yang juga turut hadir di Solo menyampaikan apresiasinya terhadap GoTo yang tetap serius memberdayakan UMKM nasional melalui berbagai inisiatif teknologi maupun program.

 

Walikota Solo Gibran Rakabuming turut hadir untuk memberi dukungan kepada para pelaku usaha kuliner lokal Solo untuk terus mengembangkan usaha dan memperkenalkan produk kuliner mereka ke masyarakat yang lebih luas lagi.

"Melalui berbagai ragam solusi yang kami miliki, kami berharap GoTo senantiasa terus menjadi goto platform bagi UMKM Indonesia di mana saja,” Melissa kembali menambahkan keyakinan besarnya bahwa UMKM lokal bisa terus bertahan bahkan melangkah lebih jauh melalui pemanfaatan teknologi. Sebab perkembangan dari Mitra Usaha GoTo sudah dinilai makin maju dan terus berkembang lebih besar.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading