Sukses

Info

Tips Mudik dengan Aman dan Nyaman ala Anak Kos

Fimela.com, Jakarta Tinggal menghitung hari menjelang lebaran. Sudah saatnya bagi anak rantauan pulang ke kampung halaman dan menghabiskan waktu yang hangat dengan keluarga setelah lama hidup dengan kesendirian. Mudik menjadi salah satu hal yang paling disukai bagi banyak anak kos. Karena dengan pulangnya ke kampung halaman, mereka tidak lagi bingung memikirkan ingin makan apa, ataupun mengeluarkan uang jajan. 

Di musim mudik saat ini, tentu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal agar mudikmu berjalan lancar tanpa hambatan. Saat mudik kamu juga harus lebih waspada karena akan bertemu banyak orang yang tidak kamu kenal. Bisa saja kamu bertemu dengan orang baik, ataupun sebaliknya. 

Agar mudikmu berjalan dengan aman dan nyaman, Fimela akan memberi beberapa tips. Yuk, simak hal ini sebelum kamu mudik.

1. Membeli Tiket dari Jauh Hari

Hal pertama yang penting dilakukan adalah dengan mempersiapkan tiket pulang ke kampung halaman dari jauh-jauh hari. Saat mudik, maka jumlah permintaan pada tiket akan meningkat drastis karena ini adalah salah satu tradisi bagi hampir semua masyarakat Indonesia. Saat permintaan tinggi, tentu harga akan meningkat pula. Maka dari itu perlu untuk membeli tiket jauh-jauh hari agar mendapat harga yang masih murah dan tentu tidak kehabisan.

2. Bawa Barang yang Penting Saja

Agar kamu tidak direpotkan dengan banyak barang, bawaan lebih baik bawa barang yang memang penting dan perlukan selagi di kampung halaman. Bawalah pakaian yang cukup dan barang elektronik yang kamu butuhkan. Jika kamu memang ingin membawa oleh-oleh, tidak perlu membawa banyak-banyak, apalagi jika kamu mudik menggunakan transportasi umum. 

3. Menitipkan Kos ke Penjaga

Agar kamu bisa tenang meninggalkan kos selagi mudik, kamu bisa menitipkan kamar kos kepada penjaga atau pemiliknya. Sampaikan berapa lama kamu akan mudik. Hal ini dilakukan agar sang penjaga bisa memonitor kaarmu sehivgga terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Dan jangan lupa untuk mengunci kamar kos dan jendela kamar agar lebih aman. Jika kamu meninggalkan kendaraan pribadi di parkiran kos, pastikan untuk menitipkannya, kalau bisa sih memakai kunci tambahan agar lebih aman. 

4. Mengecek Kondisi Kamar Sebelum Pergi

Sebelum kamu meninggalkan kamar, kamu harus selalu check and re-check kondisi kamar kos. Kamu harus memastikan bahwa tidak ada barang elektronik yang menyala dan masih tercolok listrik. Selain menjadi hal yang preventif, hal ini agar pengeluaran listrik lebih hemat. Kamu juga harus pintar menaruh barang atau dokumen penting di tempat tersembunyi. Jangan lupa juga untuk mengunci lemari, jendela, dan pintu. 

5. Jaga Kesehatan

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum ataupun saat mudik adalah menjaga kovdisi kesehatanmu. Jangan sampai saat hari yang sudah kamu tunggu-tunggu malah terhambat karena kamu sakit. Apalagi mudik akan memakan waktu yang lama dan jarak yang jauh. Pastikan untuk selalu minum vitamin dan mengonsumsi asupan nutirisi yang cukup. Dan jangan lupa untuk membawa stok obat saat perjalanan jauh. 

Itulah beberapa tips agar mudik kamu lebih aman dan nyaman. Dengan mengikuti tips ini, kamu akan lebih menikmati waktu bersama keluarga dengan lebih tenang dan tanpa kekhawatiran. Pastikan untuk selalu waspada saat mudik dan jangan lupa nikmati waktu bersama keluarga, ya!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading