Sukses

Info

Ibu Kota Nusantara di Metaverse, Bentuk Nyata Partisipasi Aktif Generasi Muda

Fimela.com, Jakarta Ibu Kota Nusantara atau biasa disebut IKN pertama kalinya terhubung dengan platform dunia virtual atau metaverse Indonesia, yaitu Jagat.io. PT Avatara Jaga Nusantara secara resmi menghadirkan dunia virtual yang diberi nama Jagat.io.

Platform ini sudah bisa diakses publik lewat play.jagat.io dan aplikasi mobile. Platform ini dirilis tepat di Hari Sumpah Pemuda, di mana menurut Jokowi, kehadiran IKN di metaverse bisa memupuk rasa kepemilikan dan kebangsaan terhadap ibu kota baru.

Menurut Jokowi, hal ini bisa mengajak para generasi muda dari Sabang sampai Merauke turut berpartisipasi aktif membentuk kota masa depan Indonesia, agar sesuai dengan aspirasi mereka, secara virtual. Co-Founder dan CEO Jagat Barry Beagen mengatakan bahwa semua orang bisa mengekspresikan diri mereka di metaverse Jagat.

 

IKN di metaverse

Masyarakat bisa menggunakan avatar untuk mewujudkan kepribadian sesuai aspirasi atau persona mereka. Berbagai fitur yang dihadirkan terinspirasi oleh interaksi sehari-hari.

Walaupun dihadirkan sebagai avatar, tapi ada pilihan berbincang dengan menyalakan mikrofon atau tatap muka secara online lewat kamera. Pengalaman yang dihadirkan Jagat ini turut menjawab peluang globalisasi di mana interaksi sosial, menjadikan generasi muda di seluruh dunia semakin dekat.

Nantinya, platform Jagat bisa dimanfaatkan untuk mengadakan rapat, pertemuan, nobar film, konser virtual, pertunjukan, dan showcase karya digital, termasuk interaksi lain dengan pengalaman yang lebih mulus. Ada beberapa rekanan yang sudah bergabung dalam dunia virtual Jagat, yang masing-masing memiliki konsep unik, yaitu Noice, Sociolla, Bumilangit, Hepmil Media Group, ROH Project, Indozone, Jakarta Intercultural School, Pijar Foundation, dan Play3.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading