Sukses

Info

5 Penyebab Tanaman Menjadi Kerdil yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Tanaman yang kita rawat di rumah umumnya akan terus tumbuh membesar seiring berjalannya waktu. Tentu perubahan bentuknya pun akan terlihat jelas karena tanaman yang sehat akan terus tumbuh, mulai dari daunnya yang semakin lebat, batangnya yang membesar, dan rantingnya yang semakin bercabang. 

Namun, bagaimana jika tanaman yang ada di rumahmu justru mengalami perlambatan pertumbuhan dan jadi mengecio atau mengerdil? Dalam beberapa kasus, tanaman yang kita rawat bisa saja tumbuh mengerdil karena mengalami stunting. 

Stunting pada tanaman merupakan masalah gizi yang menyebabkan gangguan pada pertumbuhan, sehingga tanaman menjadi lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Kira-kira, apa saja penyebabnya? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 5 penyebab tanaman menjadi kerdil yang jarang diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Efek Kekurangan Sinar Matahari

Penyebab tumbuhan menjadi kerdil yang pertama adalah kekurangan sinar matahari. Dalam pertumbuhan tanaman, cahaya sinar matahari amat dibutuhkan. Bila kekurangan cahaya, tanaman akan mengalami perlambatan pertumbuhan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memindahkan tanaman ke area yang mudah tersinari cahaya matahari. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan jenis tanaman mana saja yang membutuhkan sinar matahari langsung atau sinar matahari teduh. Sesuaikan kebutuhan sinar matahari ini sesuai dengan jenis tanaman. 

2. Kelebihan atau Kekurangan Air

Pertumbuhan tanaman yang kekurangan sinar matahari sama buruknya dengan tanaman yang kelebihan atau kekurangan air. Air juga merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tanaman untuk bertumbuh. 

Penyiraman yang tidak tepat dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjadwalkan penyiraman atau mengecek kondisi tanah sebelum menyirami. Usahakan agar tanaman tidak kekurangan maupun kelebihan air. 

3. Nutrisi yang Tidak Seimbang pada Tanaman

Tanaman yang sehat membutuhkan unsur hara yang lengkap agar pertumbuhannya menjadi baik dan tidak bermasalah. Nutrisi utama yang dibutuhkan semua tanaman adalah nitrogen, kalium, dan fosfor.

Jika kebutuhan nutrisi ini tidak seimbang, maka tanaman akan mengalami masalah. Tanaman yang kekurangan nitrogen, daunnya akan menguning dan tumbuh mengecil. Sementara itu, jika kekurangan kalium, maka dapat mengakibatkan buah dan pembungaan buruk, serta daun bermata kuning. Oleh karena itu, pemberian pupuk perlu disesuaikan dengan kondisi tanah.

4. Terkena Serangan Hama dan Penyakit

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika hama dan penyakit selalu menjadi faktor dominan yang menyebabkan tanaman tumbuh menjadi kerdil. Untuk mengetahui serangan hama, kamu bahkan dapat mengeceknya melalui mata telanjang.

Hama biasanya berupa serangga, ulat, dan binatang pengerat seperti tikus. Sementara penyakit tanaman dapat berupa jamur atau infeksi dari penyakit tanaman lain.

5. Kondisi Tanah yang Kurang Subur

Terakhir, penyebab tanaman tumbuh menjadi kerdil adalah karena kondisi tanah yang buruk atau kurang subur. Adapun yang dimaksud dengan kondisi tanah buruk ini misalnya nutrisi tanah yang tidak seimbang, pH tanah yang tidak tepat, persaingan gulma, dan sebagainya.

Maka dari itu, menjadi penting untuk kamu selalu memastikan dan mengecek kondisi tanah di pekarangan sebelum ditanami dengan beragam tumbuhan atau tanaman. Apakah tanah cukup subur dan pHnya sesuai atau tidak adalah pertimbangan yang utama.

Ladies, itulah beberapa alasan dibalik tanaman yang tumbuh mengerdil. Sekarang kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat merawat tanaman. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading