Sukses

Health

9 Solusi Cepat Atasi Perih Lambung Luka: Gejala dan Penanganannya

Fimela.com, Jakarta Lambung seringkali menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang, beberapa diantara mereka tidak menyadari adanya masalah satu ini. Lambung yang luka biasanya akan terasa sangat perih dan membuat tidak nyaman untuk melakukan aktivitas segari-hari. 

Gejala awal yang biasa terasa saat lambung luka adalah perasaan nyeri yang muncul secara mendadak, terutama setelah makan. Hal ini juga dapat terjadi sebelum kita makan dan terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Ini dia beberapa tanda serta cara mengatasi masalah lambung yang luka:

Tanda Lambung Luka

Ada beberapa tanda lambung luka yang mungkin kamu alami, ini dia beberapa tanda yang tidak kamu sadari:

1. Nyeri Perut Bagian Atas

Masalah satu ini seringkali dialami oleh banyak orang terutama di pagi hari, karena perut yang kosong. Nyeri satu ini biasanya memberikan efek sensasi terbakar yang membuat tak nyaman.

2. Mual dan Muntah

Selain itu, beberapa orang yang mengalami rasa sakit yang tak tertahankan akibat nyeri perut akan mengalami mual dan muntah. Biasanya kondisi ini terjadi karena nyeri yang tak tertahankan terutama setelah makan. 

3. Tidak Nafsu Makan

Karena rasa sakit pada lambung yang sulit untuk dikontrol beberapa orang mengalami penurunan nafsu makan, diantaranya karena saat mengonsumsi makanan lambung akan terasa semakin sakit dan tak nyaman sehingga berakibat pada penurunan nafsu makan. 

4. Rasa Nyeri yang Berkurang

Ini menjadi salah satu masalah yang mungkin dialami oleh beberapa orang, Saat mengonsumsi makanan dalam keadaan lambung luka beberapa orang merasa lebih nyaman dari biasanya. 

Cara Mengatasi Lambung Luka

1. Perubahan Pola Makan

Ternyata yang menjadi salah satu masalah seseorang mengalami lambung luka adalah perubahan pola makan, hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi lambung luka. Mulai sekarang cobahalan untuk melakukan perbuahan pola makan, tentukan jam makan dan lakukan secara berulang pada setiap harinya, selain itu jangan luka untuk nyemil di sela-sela waktu sebelum makan. 

2. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Rokok maupun alkohol ternyata dapat memperburuk keadaan lambung semakin luka. Jika kamu sering mengonsumsi rokok maupun alkohol, mulai sekarang cobalah untuk berhenti secara perlahan, menghindari kedua zat ini ternyata dapat membantu penyembuhan lambung.

3. Mengonsumsi Obat dari Dokter

Apabila kamu mengalami sakit pada lambung yang tak kunjung sembuh cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dengan meminta resep obat yang tepat. Mengonsumsi obat sesuai dengan kebutuhan juga dapat memberikan penawaran dan mengatasi masalah lambung yang luka. 

4. Makan dengan Porsi Kecil

Salah satu hal yang menjadi masalah dalam lambung luka adalah lambung yang dibiarkan kosong atau tidak mengonsumsi makanan sama sekali. Cobalah untuk memulai makan dengan porsi kecil namun lebih sering dari biasanya, jangan biarkan lambung terlalu sering kosong. 

5. Memperhatikan Asupan Serat

Banyak dokter yang merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan berserat jika kamu mengalami masalah lambung. Pastikan asupan serat kamu tercukupi seperti mengonsumsi buah-buahan maupun biji-bijian. 

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengobati masalah lambung luka, semoga kamu dapat menjaga kesehatan lambung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading