Sukses

Health

5 Tanda Kamu Harus Mengurangi Minum Manis

Fimela.com, Jakarta Minuman manis memang nikmat dan sering kali jadi pilihan banyak orang, terutama ketika ingin sesuatu yang menyegarkan. Tapi, mengonsumsi gula berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tubuh sering kali memberikan tanda-tanda ketika kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi gula, dan itu berarti sudah saatnya untuk mengurangi asupan minuman manis. Sahabat Fimela, berikut ini tanda-tanda yang harus diwaspadai!

Berat Badan Bertambah

Jika kamu merasa berat badan naik tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu karena kebiasaan minum minuman manis. Gula dalam jumlah tinggi sangat mudah diubah menjadi lemak di tubuh, terutama jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup. Kalori dari minuman manis juga sering kali tersembunyi, sehingga tanpa sadar kamu bisa mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan.

Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Sering merasa lemas, mudah lelah, atau bahkan tiba-tiba merasa sangat lapar? Ini bisa jadi tanda kadar gula darahmu tidak stabil akibat terlalu banyak minum manis. Gula menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat, tapi setelah itu akan turun drastis, membuat kamu merasa kehabisan energi. Kondisi ini, jika terus terjadi, bisa memicu risiko diabetes tipe 2.

Munculnya Masalah Kulit

Konsumsi gula berlebihan juga bisa memengaruhi kesehatan kulitmu. Jika kamu mulai melihat jerawat yang tiba-tiba muncul atau kulit terlihat lebih kusam, bisa jadi ini akibat terlalu banyak minum manis. Gula dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh, yang akhirnya berpengaruh pada kondisi kulit. Mengurangi gula bisa membantu kulit kembali sehat dan bercahaya.

Sering Merasa Haus

Ironisnya, minuman manis justru bisa membuat kamu merasa semakin haus. Gula yang tinggi dalam tubuh menyebabkan dehidrasi karena tubuh berusaha membuang kelebihan gula melalui urin. Jika kamu sering merasa haus meskipun sudah minum banyak minuman manis, ini adalah tanda jelas kamu harus mengurangi asupan gula dan lebih banyak minum air putih.

Gigi Mudah Rusak

Minuman manis sering kali menjadi penyebab utama kerusakan gigi. Kandungan gula yang tinggi bisa merusak enamel gigi, membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan dan berlubang. Jika kamu merasa gigi lebih sensitif atau sering mengalami masalah gigi, mungkin ini saatnya untuk mengurangi konsumsi gula demi menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Minum manis sesekali memang tidak masalah, namun jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, mungkin sudah saatnya kamu mulai mengurangi konsumsi minuman manis. Mengurangi gula tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga bisa membuat kamu merasa lebih bugar dan penuh energi. Yuk, mulai hidup sehat dengan mengurangi minuman manis, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading