Sukses

Health

Eksim pada Anak? Begini Cara Terbaik Merawat Kulit Atopik pada Anak

Fimela.com, Jakarta Kulit anak adalah salah satu aspek penting yang sering menjadi momok bagi orang tua, terutama bagi orang tua yang memiliki anak dengan kondisi kulit atopik atau eksim. Eksim—yang juga dikenal sebagai dermatitis atopik—adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada anak-anak. Kulit eksim meliputi kulit yang rentan terhadap iritasi, gatal, dan peradangan ini.

Kulit atopik memerlukan perhatian khusus karena sifatnya yang sensitif dan mudah teriritasi. Berbeda dengan jenis kulit normal, kulit atopik cenderung kehilangan kelembaban lebih cepat sehingga memicu kekeringan dan peradangan. Anak-anak dengan kondisi kulit seperti ini sering kali merasa tidak nyaman karena rasa gatal yang intens, yang apabila digaruk, bisa memperburuk kondisi kulit mereka.

Dalam merayakan Hari Eksim Sedunia, ERHA Ultimate memperkenalkan solusi lengkap untuk para orang tua yang ingin memberikan perawatan terbaik bagi anak-anak dengan kulit atopik. Acara yang bertajuk Unite in Care: Discover Your Perfect Eczema Support ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para orangtua, serta menawarkan berbagai cara untuk mengatasi masalah kulit atopik pada anak.

Mengapa Kulit Atopik Membutuhkan Perawatan Khusus?

Kulit atopik membutuhkan perhatian khusus karena sifatnya yang sangat sensitif terhadap berbagai faktor eksternal dan mudah teriritasi. Berbeda dengan jenis kulit normal, kulit atopik cenderung kehilangan kelembaban lebih cepat, sehingga memicu kekeringan dan peradangan. Anak-anak dengan kondisi ini sering kali merasa tidak nyaman karena rasa gatal yang intens, yang bila digaruk bisa memperburuk kondisi kulit mereka.

Eksim sering kali dipicu oleh alergen atau zat iritan yang membuat kulit meradang, merah, dan terasa gatal. Dalam acara Unite in Care, dr. Grace N. S. Wardhana, Sp.DVE, FINSDV, FAADV menjelaskan bahwa perawatan yang tepat dapat mengurangi gejala yang timbul dan meningkatkan kualitas hidup anak dengan eksim.

“Para orang tua perlu memahami bahwa menjaga kelembapan kulit sangat penting dalam mengatasi eksim pada anak," ujar dr. Grace. “Produk perawatan yang digunakan pun harus tepat, yakni yang mampu memperkuat skin barrier dan memberikan hidrasi optimal pada kulit. Penggunaan produk yang salah justru bisa memperparah kondisi kulit anak.” tambahnya.

Oleh karena itu, penting untuk memilih produk perawatan yang tidak hanya melembabkan, tetapi juga melindungi skin barrier agar tetap kuat dan tahan terhadap iritasi. Solusi dari ERHA Ultimate diformulasikan khusus untuk kebutuhan ini, dengan bahan-bahan yang lembut namun efektif dalam menenangkan kulit.

Tips Merawat Kulit Atopik Anak dengan Tepat

Mengelola eksim pada anak memang tidak selalu mudah, namun dengan pemilihan produk yang tepat, langkah-langkah yang tepat, dan konsisten, orang tua dapat membantu mengurangi gejala yang timbul. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan sehari-hari.

1. Jaga Kelembaban Kulit

Salah satu cara terbaik untuk mencegah flare-up eksim adalah dengan menjaga kelembaban kulit anak. Oleskan pelembab setiap kali selesai mandi, dan pastikan anak mengenakan pakaian yang nyaman dari bahan katun yang tidak membuat kulit iritasi.

2. Gunakan Pelembab Khusus

Menjaga kelembaban kulit anak dengan kulit atopik tentunya memerlukan pelembab khusus yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Produk yang mengandung bahan alami, tanpa pewangi atau zat kimia keras, sangat direkomendasikan. Pelembab perlu digunakan secara teratur, terutama setelah mandi, untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhindar dari iritasi.

3. Perhatikan Pola Mandi Anak

Jangan biarkan anak mandi terlalu lama atau menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat membuat kulit semakin kering. Sebaiknya, gunakan air hangat dan sabun yang lembut untuk membersihkan tubuh mereka. Setelah mandi, segera oleskan pelembab untuk menjaga kelembaban alami kulit.

4. Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kulit

Jika eksim pada anak terus memburuk, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Seperti yang disampaikan dalam acara Unite in Care, bantuan profesional sangat diperlukan untuk mengetahui perawatan yang tepat. Dokter dapat memberikan solusi terbaik, baik berupa obat atau saran perawatan yang lebih mendalam untuk mengatasi kondisi tersebut.

Dukungan Tepat untuk Atasi Tantangan Kulit Atopik

Dalam acara Unite in Care, ERHA Ultimate memperkenalkan inisiatif #ProjectDamba, sebuah proyek yang berfokus pada edukasi anak-anak mengenai kondisi kulit mereka melalui buku cerita yang menarik. Buku ini diharapkan dapat membantu anak-anak dan orang tua memahami eksim dengan cara yang lebih menyenangkan dan positif.

Vanny Sevilla, Brand Manager ERHA Ultimate, mengungkapkan, “Kami sangat antusias menyelenggarakan acara ini. Kami percaya bahwa dukungan dan informasi yang tepat sangat penting bagi para ibu dengan anak-anak eksim.” Dukungan seperti ini sangat penting bagi orang tua untuk tidak merasa sendirian dalam perjuangan mereka merawat anak-anak yang memiliki kondisi kulit atopik.

Selain itu, dr. Grace N. S. Wardhana, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, juga menyampaikan bahwa dukungan dan edukasi yang memadai dapat membantu memperbaiki kondisi anak dan memberikan ketenangan bagi para ibu. Beliau juga menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara orang tua dan anak untuk meringankan gejala ataupun meminimalisir kekambuhan saat eksim menyerang si kecil.

Solusi Cerdas dari ERHA Ultimate untuk Kulit Atopik

ERHA Ultimate Atopy and Skin Disease Solution menawarkan rangkaian produk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi eksim dan dermatitis atopik. Melalui kombinasi perawatan dari dokter spesialis kulit dan produk yang aman digunakan sehari-hari, ERHA Ultimate menjadi pilihan yang tepat bagi orang tua yang ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka.

ERHA Ultimate telah lama dikenal sebagai pionir dalam perawatan kulit khusus di Indonesia. Dengan rangkaian produk yang diformulasikan khusus untuk kulit atopik, ERHA Ultimate Atopy and Skin Disease Solution, menawarkan perawatan yang aman dan efektif. Dari pelembab hingga obat topikal, setiap produknya dirancang untuk memperbaiki skin barrier, mengurangi peradangan, dan memberikan kelembapan yang tahan lama pada kulit.

 

 

Penulis: Virlia Sakina Ramada

#ERHA Solusi Cerdas untuk Kulit Atopik

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading