Sukses

Health

3 Fakta Air Rebusan Mie yang Wajib Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sering mendengar bahwa air rebusan mie instan sebaiknya dibuang karena mengandung bahan lilin? Kabar baik untuk mie lovers, bahwa nyatanya, air rebusan mie sebenarnya punya banyak manfaat yang sering diabaikan. Ajaran mengenai membuang air rebusan ini memang sudah diajarkan secara turun temurun oleh ibu kita dari generasi ke generasi. Faktanya, banyak manfaat yang bisa kita gunakan dari air bekas merebus mie instan ini. Meski banyak yang langsung membuang airnya, ternyata air rebusan mie mengandung berbagai elemen penting dari tepung yang bisa digunakan dalam berbagai keperluan.

Menurut Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat, DR.dr. Tan Shot Yen, M. Hum, warna air yang berubah setelah dimasak bersama mi instan tidak membahayakan dan tetap bisa dikonsumsi langsung bersama mi instan. Penasaran bagaimana kita memanfaatkan dan kandungan apa yang sebenarnya terkandung di dalam air rebusan ini? Yuk, simak ulasannya berikut!

1. Mengandung Mineral Penting

Tahukah kamu bahwa air rebusan mie instan mengandung nutrisi, seperti garam dan vitamin, yang larut saat mie direbus. Untuk itu, dengan membuang air rebusan pertama dari mie instan ini hanya akan menurunkan cita rasa yang didapat. Selain itu fakta yang tak kalah pentingnya, air rebusan mie mengandung mineral seperti kalium dan magnesium yang larut dari mie selama proses perebusan. Ini membuatnya bermanfaat untuk digunakan kembali dalam masakan lain. Namun tentu kamu sebagai pecinta mie instan harus memeprhatikan kadar atau porsi mie yang kamu santap. Meskipun air rebusan mie instan aman dikonsumsi, tetapi mengonsumsinya berlebihan pun dapat meningkatkan kadar gula darah. 

2. Pengganti Kaldu Masakan

Mie Lovers tak perlu khawatir, warna keruh pada air rebusan mie instan semata-mata karena kebanyakan mie instan berwarna kuning. Daripada membuangnya, kamu bisa menggunakan air rebusan mie sebagai pengganti kaldu untuk masakan seperti sup atau saus pasta. Rasanya yang gurih alami dapat meningkatkan cita rasa makanan. 

3. Pembersih Alami Panci

Selain digunakan untuk bahan masakan kita, fakta lain yang perlu kamu ketahui adalah air rebusan mie instan ini bisa digunakan untuk pembersih alami pada panci kotor. Kotoran-kotoran yang menempel bandel pada panci akan terangkat sempurna dengan air rebusan mie. Kandungan tepungnya membantu melonggarkan sisa-sisa makanan yang menempel.

Itulah beberapa fakta unik yang sering kali terabaikan dari air rebusan mie instan. Dari sekarang, Mie Lovers tidak perlu membuang air rebusan mie, pertimbangkan untuk menggunakannya kembali dengan cara-cara kreatif di dapur!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading