Sukses

Health

Fakta atau Mitos: Minum Es Membuatmu Mudah Lelah

Fimela.com, Jakarta Hari sedang panas-panasnya, lalu kamu minum es, begitu menyegarkan bukan? Namun pernahkah kamu mendengar anggapan jika mengonsumsi minuman dingin bisa membuat tubuh cepat lelah? Banyak orang memercayai bahwa hal ini dapat memengaruhi metabolisme tubuh dan menyebabkan rasa capek datang lebih cepat. 

Rasa capek memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kurang tidur, asupan gizi tidak seimbang, hingga kurangnya aktivitas fisik. Namun, apakah es termasuk faktor yang bisa membuat tubuh merasa cepat lelah? 

Efek Minuman Dingin Terhadap Metabolisme

Ketika mengonsumsi minuman dingin, tubuh memang membutuhkan lebih banyak energi untuk menaikkan suhu minuman hingga setara dengan suhu tubuh. Proses ini disebut termogenesis. Meski demikian, energi yang dibutuhkan sangatlah kecil dan tidak signifikan sehingga tidak memengaruhi tingkat kelelahan secara langsung. Jadi, minum es tidak benar-benar membuatmu cepat lelah dari segi metabolisme. 

Dampak Minum Es Terhadap Sistem Pencernaan

Proses pencernaan dapat sedikit terlambat oleh minuman dingin, terutama jika diminum bersama dengan makanan. Cairan dingin ini mengerutkan pembuluh darah di sistem pencernaan dan sedikit memperlambat proses pengosongan perut. Meski begitu, efeknya hanya sementara dan tidak langsung menyebabkan kelelahan. 

Kaitan Antara Minum Es dan Hidrasi

Tubuh yang berenergi membutuhkan hidrasi yang baik. Minuman dingin seperti air es mampu membuatmu tetap terhidrasi terutama saat cuaca panas. Namun, jika mengonsumsi minuman dingin manis seperti es teh atau soda dengan kandungan gula yang tinggi justru akan menyebabkan lonjakan energi sesaat. Hal ini akan diikuti dengan penurunan energi yang menyebabkan rasa capek. Jadi, penting untuk memperhatikan jenis minuman dingin yang kamu konsumsi. 

Jadi, Mitos atau Fakta?

Secara ilmiah, belum ada bukti kuat yang mendukung klaim bahwa minum es bisa menyebabkan tubuh cepat lelah. Jika kamu merasa cepat lelah setelah minum es, kemungkinan faktornya karena jenis minuman yang kamu konsumsi, misalnya minuman manis yang dapat menyebabkan penurunan energi. 

Jadi, meskipun minum es bisa menyegarkan, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa minuman dingin dapat membuat tubuh cepat lelah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading