Sukses

Health

Mandi Malam Berbahaya bagi Tubuh, Mitos atau Fakta?

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sering mendengar bahwa mandi malam dapat menyebabkan berbagai macam penyakit? Kebiasaan yang satu ini memang cukup sering menjadi perbincangan di sosial. Banyak yang mengatakan mandi malam akan menyebabkan badan semakun pegal, rematik dan akan mengancam kesehatan tulang kita di masa depan. Bahkan di negara kita, ada yang mengatakan bahwa mandi malam akan mengundang adanya makhluk tak kasat mata. Lantas apakah hal tersebut benar adanya?

Nyatanya, penelitian yang mengatakan mandi malam berbahaya sangatlah minim dan terbatas. Mungkin pada usia-usia tertentu, mandi malam akan menjadi suatu kegiatan yang akan mengancam kesehatan kelompok usia tersebut. Lantas apa saja mitos yang tersebar dan fakta yang terungkap mengenai fenomena ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Menyebab Asam Urat, Faktanya?

Banyak masyarakat kita yang mengatakan bahwa mandi malam dapat menjadi penyebab penyakit asam urat. Namun faktanya, penelitian yang berucap demikian masih belum ada sampai sekarang. Penyakit nyeri sendir ini pada umumnya disebabkan karena adanya tumpukan kristal asam urat pada sendi. Faktor penyebabnya pun beragam seperti, makanan yang mengandung tinggi purin, minuman beralkohol, dan obesitas. Sampai saat ini masih belum ada yang mengatakan mandi malam dapat menyebabkan munculnya nyeri sendi asam urat.

2. Menyebabkan Penuaan Dini, Faktanya?

Kerutan, kekeringan kulit, dan bintik-bintik penuaan sering dianggap sebagai gejala penuaan dini yang ditimbulkan oleh kegiatan mandi pada malam hari. Berbanding terbalik dengan fakta yang ada, gejala penuaan dini bisa diakibatkan oleh banyak sekali faktor. Gejala yang disebut sebelumnya merupakan gejala yang disebabkan oleh gaya hidup dan lingkungan yang kurang sehat. Layaknya kurang paparan sinar UV dan kualitas tidur yang buruk merupakan fakta nyata yang menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan kering.

3. Menyebabkan Rematik, Faktanya?

Sama seperti mitos yang lain, sampai saat ini masih belum ada penelitian yang menmbuktikan bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik. Penyakit satu ini adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh berbanding terbalik menyerang tubuh kita sendiri seperti, tulang, sendi, otot, dan berbagai organ tubuh yang lain. Untuk orang yang sudah ada penyakit bawaan ini, memang dengan mandi di malam hari akan mempeburuk keadaan kesehatannya. Suhu yang terlalu tinggi bisa mengganggu sistem kinerja saraf di sendi sehingga muncullah rasa nyeri. Untuk itu, mandi hangat di malam hari adalah opsi terbaik yang bisa dilakukan penderita rematik untuk meredakan gejala nyeri yang muncul. Terlebih dari itu, sampai sekarang masih belum ada fakta yang mendukung mandi malam adalah penyakit rematik.

Itulah beberapa mitos dan fakta yang telah terungkap dari fenomena mandi di malam hari. Dengan penjelasan di atas, dapat membuktikan bahwa tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa mandi malam dapat membahayakan tubuh kita. Mungkin di kelompok usia tertentu dan untuk seseorang sebelumnya sudah mengidap penyakit yang parah, kegiatan mandi malam ini akan semakin memperparag kesehatan mereka. Selebih dari itu, sampai sekarang masih belum ada bukti kuat mengenai mitos-mitos yang beredar. Yuk, ubah cara berpikir Sahabat Fimela mengenai mandi malam!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading