Sukses

Health

7 Solusi Atasi Rambut Bercabang Membandel

Fimela.com, Jakarta Harimu menjadi tidak menyenangkan jika mengalami masalah rambut, bukan? Apalagi jika mendapati rambut bercabang. Masalah ini umum dialami banyak wanita, terlebih bagi mereka yang kerap menggunakan alat styling rambut seperti catok. Penyebabnya juga bisa terjadi karena paparan sinar UV atau matahari yang berlebih. 

Rambut terdiri atas protein yang dinamai keratin. Pada setiap helainya dilapisi oleh pelindung luar yang disebut kutikula. Rambut bercabang adalah kondisi di mana kutikula mengalami pengelupasan sehingga ujung rambut terbuka dan pecah. Ketika kutikula rusak akibat faktor penggunaan panas berlebih, pewarnaan atau bleaching, dan kurangnya perawatan, kutikula tersebut terbuka dan rambut menjadi lemah sehingga pecah di ujungnya. 

Stress fisik dan kimia pada rambut dapat mengurangi kekuatan dan elastisitasnya. Selain pencegahan dengan meminimalisir penyebabnya, berikut adalah cara merawat rambut bercabang secara sederhana.

Potong Ujung Rambut

Pemotongan ujung rambut secara teratur dilakukan sekitar 6-8 minggu sekali. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran ujung rambut yang rusak ke batang rambut. 

Gunakan Kondisioner Secara Rutin

Rambut membutuhkan kelembaban ekstra terlebih setelah keramas. Kondisioner yang baik adalah yang mengandung bahan pelembab alami seperti minyak argan atau shea butter. Kandungan ini dapat membantu memperkuat kutikula. 

Pakai Minyak Rambut Alami

Minyak alami seperti minyak kelapa atau zaitun dapat membantu melembabkan rambut dan mencegah kerusakan lebih parah. 

Gunakan Panas Normal pada Alat Styling

Panas pada alat styling dapat merusak kutikula rambut. Saat rambut sedang dalam kondisi tidak baik, sebaiknya kurangi penggunaan dan gunakan pelindung panas sebelum menata rambut. 

Jangan Keramas Terlalu Sering

Rambut sejatinya memiliki minyak rambut alami. Keramas yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut kehilangan mintak alaminya dan menjadi kering. Keramaslah 2-3 kali seminggu saja agar menjaga kelembaban rambut tetap terjaga. 

Pakai Sisir yang Sesuai

Pada rambut yang basah, gunakan sisir gigi jarang untuk mengurai rambut. Mengapa demikian? Karena menyisir rambut basah terlalu keras bisa memicu kerusakan kutikula dan memperparah rambut bercabang. 

Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Rambutpun membutuhkan nutrisi yang sesuai agar tetap sehat dan kuat. Konsumsi makanan kaya protein, vitamin A, C, dan E dapat membantu memperkuat struktur rambut. Tak lupa makanan yang mengandung biotin seperti kacang-kacangan. telur, dan sayuran hijau. 

Demikian cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rambut bercabang, semoga membantu ya Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading