Sukses

Health

4 Alat Olahraga Simple yang Cocok untuk Workout di Rumah

Fimela.com, Jakarta Kamu masih suka mager olahraga karena berpikir hal itu ribet dan susah? Tunggu dulu, sebelum berpikir demikian, Sahabat Fimela harus tahu bahwa kini olahraga tidaklah serumit itu. Dengan berkembangnya teknologi digital, sudah banyak bertebaran di internet informasi hingga video tutorial olahraga di rumah. 

Olahraga di rumah dapat dilakukan dengan mudah. Dapat menjadi menyenangkan jika ditunjang dengan penggunaan alat yang sesuai dan tentunya tidak sulit didapatkan. Alat-alat itu kini telah banyak beredar di pasaran dan dapat dengan gampang digunakan. 

Tanpa perlu datang ke gym, simak 4 rekomendasi alat olahraga simple yang cocok untuk workout di rumah. 

Resistance Bands

Alat olahraga satu ini memiliki bentuk yang simple dan praktis namun multifungsi. Jika kamu ingin fokus meningkatkan kekuatan otot, resistance bands dapat menjadi pilihan terbaik. Melalui latihan resistensi, baik itu melatih otot tangan, kaki, maupun core, alat ini mampu memberikan latihan dengan hasil maksimal. Kelebihan utamanya adalah memberikan beban tambahan pada gerakan tubuh tanpa memerlukan alat berat. 

Bagi pemula, resistance bands sangat cocok karena tersedia dalam berbagai tingkat resistensi. Alat ini juga sangat ideal jika ingin melakukan latihan pemulihan cedera atau rehabilitasi. Selain melatih kekuatan otot, ia juga melatih fleksibilitas dengan tekanan yang terkendali. 

Dumbbell

Dumbbell atau orang awam menyebutnya barbel adalah alat olahraga yang sangat populer di kalangan pecinta olahraga. Alat serbaguna ini digunakan pada banyak jenis latihan. Mulai dari bench press, shoulder press, bicep curls, hingga lunges. Dengan berbagai variasi gerakan, dumbbell dapat digunakan di hampir seluruh bagian tubuh. 

Dumbbell menawarkan manfaat dalam meningkatkan kekuatan dan massa otot. Dapat digunakan pula untuk latihan kekuatan dan kardio. Serta mampu memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh. Kelebihannya lagi, dumbbell tersedia dalam berbagai ukuran dan berat, sehingga kamu bisa menyesuaikannya berdasarkan kemampuan dan target yang ingin dicapai saat latihan. 

Jump Rope (Tali Skipping)

Lompat tali mungkin menjadi mainan sejak kecil. Siapa sangka, olahraga satu ini sangat bermanfaat terlebih dalam membakar kalori. Jump rope atau tali skipping adalah alat olahraga simple yang dapat menunjang aktivitas satu ini di rumah. Sederhana namun efektif, jump rope dapat digunakan untuk membakar lemak dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Cukup luangkan waktu 10-15 menit saja lompat tali, kamu bisa mendapatkan manfaat yang mungkin setara dengan melakukan lari atau jogging pada intensitas tertentu. 

Selain membakar kalori, olahraga ini juga meningkatkan stamina dan kebugaran jantung. Juga melatih koordinasi dan kelincahan tubuh. Praktis digunakan kapan saja dan di mana saja dengan hasil maksimal, jump rope adalah alat olahraga terbaik yang bisa dipilih di rumah bukan? 

Yogya Mat

Sahabat Fimela yang sering melihat video olahraga terutama yoga mungkin akan berpikiran heran tentang alat satu ini. Apakah ia hanya sebuah karpet biasa? Lalu bertanya mengapa itu penting? 

Yoga Mat adalah alat olahraga yang penting dan bisa saja menjadi wajib dimiliki jika kamu ingin melakukan latihan seperti yoga, pilates, atau latihan core. Yoga Mat menyediakan bantalan yang nyaman saat berolahraga, juga membantu meningkatkan stabilitas dan keamanan saat mencoba berbagai gerakan. Sehingga akan meminimalisir terjadinya cedera. Selain itu, Yoga Mat juga bisa digunakan untuk olahraga sederhana seperti push-up, plank, atau sekadar peregangan. Sehingga penggunaannya lebih nyaman dan efektif terlebih sifatnya yang mudah dilipat dan disimpan setelah digunakan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading