Sukses

Health

Benarkah Perawatan di Klinik Kecantikan Bisa Bantu Redakan Gejala Eksim Pada Anak? Cari Tahu Yuk

Fimela.com, Jakarta Nggak seperti orang dewasa, kulit bayi dan anak-anak cenderung lebih tipis dan sensitif. Inilah sebabnya mengapa banyak bayi dan anak-anak lebih mudah mengalami masalah kulit, misalnya saja seperti dermatitis atopik atau yang sering dikenal sebagai eksim. Meskipun kondisi kulit ini umum terjadi pada mereka yang masih berusia belia, namun kehadirannya tetap saja bikin orang tua manapun khawatir.

Ciri-ciri eksim umumnya ditandai dengan kulit yang kering, gatal, serta munculnya ruam yang bisa memerah dan meradang. Pertanyaannya, apakah gejala dermatitis atopik pada bayi dan anak bisa diredakan? Bisa banget, salah satunya dengan menggunakan salep eksim yang sudah direkomendasikan oleh dokter kulit. Selain itu, ibu juga bisa mengunjungi klinik kecantikan, karena ada dokter spesialis kulit yang bisa diajak berkonsultasi dan memberikan rekomendasi obat eksim untuk anak yang tepat. 

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membawa si kecil ke klinik kecantikan, pastikan dulu ibu mengetahui sejumlah hal terkait kondisi eksim berikut ini. Apa saja?

Ketahui Penyebab Terjadinya Dermatitis Atopik Pada Anak

Bukan tanpa sebab anak bisa mengalami dermatitis atopik. Meskipun belum diketahui apa penyebab penyakit eksim secara spesifik, namun salah satu faktor umum terjadinya eksim adalah karena iritasi kulit yang diakibatkan oleh gesekan pakaian atau kain yang kasar, busa sabun yang nggak cocok dengan kulit sensitif anak, hingga krim perawatan kulit yang nggak sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitnya.

Adapun faktor lainnya bisa berasal dari respon imun pada anak yang kurang bagus, alergi makanan, serta lingkungan seperti bulu hewan, debu, dan paparan bahan kimia berbahaya. Semua faktor penyebab ini tentunya wajib sekali untuk diperhatikan dan diketahui. Sebab, setiap penyebab eksim memiliki penanganan yang berbeda-beda.

Nah, apabila si kecil mengalami mengalami penyakit kulit eksim, sebaiknya jangan terburu-buru untuk memberikan obat eksim. Sebab, butuh observasi yang menyeluruh untuk menentukan proses pengobatan yang tepat bagi eksim kulit yang diderita si kecil. 

Penanganan Dermatitis Atopik yang Ditawarkan di Klinik Kecantikan

Di klinik kecantikan sendiri, dokter kulit biasanya akan memeriksa kondisi kulit si kecil dan lalu memberikan resep obat yang dapat meredakan gejala eksimnya. Nah, salah satu klinik kecantikan yang dapat ibu kunjungi adalah ERHA Ultimate, yang telah didukung oleh dokter spesialis kulit terbaik, produk inovatif, teknologi terkini, serta pelayanan terbaik. Selain itu, para dokter kulit yang melayani di klinik kecantikan ERHA Ultimate pun sudah tersebar di banyak kota di Indonesia dan bahkan telah tersertifikasi kompetensi.

Dalam membantu ibu yang memiliki anak dengan kondisi kulit eksim, klinik kecantikan ERHA Ultimate juga menghadirkan Atopy and Skin Disease Center yang mampu menangani berbagai masalah kulit sensitif, termasuk permasalahan eksim kulit atau dermatitis atopik. Dengan keberhasilan merawat lebih dari 1 juta kasus penyakit eksim di Indonesia selama 25 tahun terakhir, tentu saja klinik kecantikan satu ini sangat bisa dipercaya untuk meredakan gejala-gejala eksim pada bayi dan anak.

Dalam rangka World Atopic Eczema Day, atau Hari Atopik Eksim Sedunia, yang dirayakan pada setiap tanggal 14 September 2024 ini, ERHA Ultimate memberikan dukungan besar kepada para orang tua yang memiliki anak atau anggota keluarga lainnya  dengan masalah kulit eksim. Hal ini dibuktikan sendiri dengan hadirnya Atopy and Skin Disease Center sebagai No.1 Complete Atopy Solution terpercaya.

Hal-hal Lainnya yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Anak Penderita Dermatitis Atopik

Merawat anak yang mengalami dermatitis atopik memang bisa menjadi tantangan bagi para orang tua. Selain membutuhkan penggunaan salep untuk eksim pada bayi, ibu pun juga memerlukan konsultasi dan perawatan yang disarankan oleh dokter spesialis kulit. Sebab, asal mendiagnosis apalagi melakukan pengobatan yang sembarangan bisa berujung pada penyakit eksim yang semakin parah.

Di sisi lain, para orang tua pun juga wajib memerhatikan berbagai hal agar eksim pada kulit si kecil bisa segera membaik. Di antaranya adalah memastikan lingkungan sekitar selalu bersih, menjauhkan anak dari zat-zat kimia berbahaya, memilih produk perawatan kulit anak dengan bijak, hingga menghindari pemicu kulit eksim pada si kecil. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memberi anak asupan yang sehat dan bergizi. Dengan begitu, penyakit eksim yang dideritanya bisa sembuh dengan lebih cepat.

Sesekali mengunjungi dokter spesialis kulit di klinik kecantikan pun bukanlah pilihan yang buruk. Sebab, dengan pemeriksaan kulit yang rutin, masalah seperti penyakit eksim kulit pada bayi dapat dihindari. Dengan begitu, si kecil bisa tetap aktif beraktivitas tanpa perlu terganggu dengan masalah kulitnya. Nilai plusnya, para orang tua pun juga bisa lebih tenang dengan kesehatan kulit sang buah hati.

Sekarang sudah tahu bukan hal apa saja yang dibutuhkan untuk mengatasi penyakit kulit eksim yang menjangkit anak? Meskipun eksim adalah penyakit yang membutuhkan waktu pemulihan cukup lama, tapi nggak ada salahnya bagi ibu untuk mencoba berbagai cara demi kebahagiaan si kecil. Ingatlah, kulit anak yang sehat dan bersih juga akan membawakan ketenangan dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua.

Untuk informasi lebih lengkap seputar perawatan eksim dan treatment lainnya di klinik kecantikan ERHA Ultimate, kamu bisa langsung mengunjungi official websitenya atau ke akun official Instagram @erha.ultimate.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading