Sukses

Health

Hati-Hati Mata Lelah di Era Digital Bisa Jadi Risiko Kebutaan  

Fimela.com, Jakarta Di era digital saat ini, menghabiskan sebagian besar waktu menatap layar baik itu komputer, ponsel, tablet, atau televisi adalah bukan hal yang asing lagi. Bahkan penggunaan gadget sudah dikenakan mulai dari anak-anak. Padahal, tidak hanya pikiran yang bisa mengalami stres, tetapi mata juga bisa merasa tertekan jika terpapar beban yang berlebihan.

Kebiasaan menatap layar dengan cahaya berlebihan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, seperti mata lelah, iritasi, penglihatan kabur, sakit kepala hingga berakhir kebutaan. Paparan berlebihan terhadap cahaya biru dari layar elektronik dapat merusak sel-sel retina, sehingga mempercepat penuaan mata, dan meningkatkan risiko degenerasi makula. 

Banyak orang menganggap sepele gejala awal seperti mata kering, penglihatan kabur, atau sakit mata ringan. Padahal, ini bisa menjadi tanda awal dari kondisi yang lebih parah. Apalagi, banyak penyakit mata tidak menunjukkan gejala hingga tahap lanjut.

Di mana kerusakan sudah sulit untuk diperbaiki. Jika tidak diatasi, masalah-masalah mata ini bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, seperti miopia (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), astigmatisme (mata silinder), hingga penyakit mata yang lebihberbahaya seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi macula. 

Mencegah sakit mata

Untuk mencegah ancaman kesehatan mata, sebaiknya aturlah waktu paparan Layar. Usahakan untuk tidak menatap layar terus-menerus. Gunakan aturan 20-20-20 setiap 20 menit, alihkan pandangan sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter-red) selama 20 detik. Ini akan membantu mengurangi ketegangan mata akibat cahaya biru. 

Selain itu, gunakan kacamata pelindung gunakan kacamata pelindung khusus yang dapat menyaring cahaya biru untuk mengurangi dampak negatif pada mata saat bekerja dengan laptop atau menggunakan gadget. Tidur cukup dan teratur juga membantu regenerasi sel-sel mata dan mengurangi risiko kerusakan mata. 

Hindari membaca atau menonton di tempat yang gelap karena ini bisa menyebabkan ketegangan ekstra pada mata. Tak lupa lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Pemeriksaan dini dapat membantu mendeteksi masalah mata sebelum berkembang menjadi lebih serius, terutama jika usia di atas 40 tahun atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata. Yang tak kalah penting, segera konsumsi nutrisi untuk mata. Pastikan konsumsi nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan mineral seperti zinc dan selenium. Konsumsi makanan seperti wortel, sambiloto, bayam, kale, salmon, dan buah-buahan berwarna kuning dan oranye yang kaya akan beta-karoten.  

“Kabar baiknya kandungan premium wortel, blueberry, dan sambilloto yang mendukung kesehatan mata, kini sudah bisa didapat melalui suplemen Omaka,” ujar Kemas Muhamad Fadhlan, Direktur Operasional PT Jawara Poin Global.

Omaka, suplemen yang sengaja diracik untuk menjaga kesehatan retina ini merupakan ramuan obat tradisional dengan ekstrak bahan alami yang dapat memberikan manfaat Kesehatan mata. “Sehingga Omaka mampu mengatur fungsi otot bola mata, membantu memulihkan fokus, dan mendapatkan kembali daya penglihatan yang jernih, terang, hipermetropi, dan mata silinder, serta melindungi mata dari efek buruk cahaya biru,” paparnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading