Sukses

Health

Sering Merasa Kelelahan Jelang Menstruasi? Lakukan Pencegahan dengan Kebiasaan yang Tepat!

Fimela.com, Jakarta Banyak tantangan yang dirasakan oleh perempuan jelang menstruasi tiba. Selain mood swings dan nyeri pinggang, ada juga nih yang mengalami kondisi tubuh mudah lelah padahal nggak melakukan aktivitas berat. Meskipun terdengar sepele, tapi keadaan ini tentu bisa mempengaruhi produktivitas sehari-hari.

Sebenarnya apa sih penyebab tubuh mudah lelah dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Cari tahu lebih lanjut yuk, Sahabat Fimela!

Penyebab Tubuh Terasa Jelang Menstruasi

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah jelang menstruasi. Faktor utamanya adalah fluktuasi hormon yang terjadi, terutama estrogen dan progesteron yang berada di level paling rendah menjelang periode menstruasi berlangsung. Hormon ini juga yang mempengaruhi mood dan level energi perempuan, sehingga banyak yang merasa cepat lelah, moody, dan nggak jarang depresi.

Selain itu, beberapa hari sebelum menstruasi biasanya juga menyebabkan gangguan tidur pada perempuan karena perubahan hormon yang terjadi. Kualitas tidur yang menurun ini juga yang menyebabkan munculnya sensasi tubuh yang terasa mudah lelah.

Tips Lawan Rasa Lelah Selama Menstruasi

Supaya bisa tetap produktif, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk mencegah tubuh mudah lelah selama periode menstruasi.

1. Batasi Makanan Manis

Menjelang dan selama menstruasi, biasanya perempuan cenderung akan lebih sering craving makanan manis. Tapi, sebaiknya batasi konsumsinya kalau nggak ingin mengalami tubuh yang mudah leah. Asupan makanan berkadar gula tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kadar glukosa di dalam darah secara drastis. Kondisi ini bisa membuat insulin melepaskan diri untuk menstabilkan kembali glukosa yang ada. Nah, terjadinya kenaikan dan penurunan gula darah drastis dapat menyebabkan tubuh kehilangan energi yang bikin jadi mudah lelah.

Daripada mengonsumsi makanan manis, disarankan untuk perbanyak asupan makanan yang kaya nutrisi seperti asam lemak omega 3, kalsium dan vitamin D. Jenis makanan ini dapat mendongkrak level energi di dalam tubuh agar kamu tetap produktif.

2. Olahraga Rutin

Bukan rahasia lagi kalau olahraga rutin bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, meningkatkan level energi dan konsentrasi. Selain itu, olahraga rutin juga disarankan sebelum dan selama menstruasi untuk membantu tubuh tetap fit.

Jenis olahraga yang fokus pada mindfulness seperti yoga dan pilates jadi alternatif yang tepat jaga kebugaran tubuh selama menstruasi. Saat periode ini sudah berakhir, kamu bisa mencoba jenis olahraga lain seperti cardio atau strength training exercise.

3. Pelajari Teknik Relaksasi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap berenergi sebelum dan selama menstruasi adalah dengan mempelajari teknik relaksasi. Misalnya saja mindfulness meditation, deep breathing exercise dan progressive relaxation bisa jadi pilihan untuk mengatasi stres. Seperti yang diketahui, stres adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi pikiran dan mengganggu jam tidur, yang kemudian berdampak pada tubuh kehilangan banyak energi.

4. Maksimalkan Waktu Istirahat di Malam Hari

Salah satu cara penting untuk menjaga tubuh agar tetap berenergi selama menstruasi adalah memaksimalkan waktu istirahat di malam hari. Mendapatkan istirahat berkualitas selama 6-8 jam setiap malam sangat penting untuk mendongkrak level energi di dalam tubuh.

Jadi, sebisa mungkin ciptakan lingkungan tidur yang nyaman mulai dari seprai dan selimut yang nyaman, suhu udara sejuk, dan jangan lupa matikan lampu. Hindari paparan blue light dari layar televisi, smartphone atau gadget lainnya minimal 2 jam sebelum tidur. Jangan lupa untuk hindari minuman kafein mendekati waktu tidur dan ganti dengan minuman lain yang bisa membantu tidur lebih nyenyak seperti susu hangat atau teh chamomile.

Beberapa tips di atas bisa jadi panduan bagi kamu yang ingin menjaga asupan energi selama menstruasi, agar tetap fit dan produktif. Saatnya terapkan mulai sekarang, yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading