Sukses

Health

Alasan Seseorang Tidak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri

Fimela.com, Jakarta Saat berada di tempat umum, sangat mudah untuk mencium bau badan orang lain. Sebaliknya, kita jauh lebih sulit untuk merasakan bau badan sendiri.

Menurut Ahli Neurobiologi Molekuler di Duke University, Hiroaki Matsunami, kondisi ini disebut juga sebagai olfactory fatigue atau kelelahan penciuman. Olfactory fatigue merupakan kondisi ketika indera penciuman manusia sudah terbiasa mencium dan mengenali jenis bau tertentu. Saking seringnya, reseptor bau di hidung menjadi lelah dan pada akhirnya berhenti mendeteksi jenis bau tersebut. 

“Hal yang sama juga terjadi pada bau apapun yang rutin kita temui. Seperti parfum atau bagian dalam rumah kita,” ujarnya, seperti yang dikutip dari livescience.

Psikolog dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, Pamela Dalton juga mengungkapkan bahwa riseptor di hidung dapat mendeteksi hal-hal yang baru dan aneh dengan cepat.

“Tetapi tidak berguna untuk hal-hal yang sering kita cium. Di situlah hilangnya kepekaan jangka panjang terjadi,” ucapnya, dikutip dari The Washington Post.

Dalton telah melakukan penelitian dengan meminta subjek menaruh pengharum ruangan di kamar tidur mereka selama beberapa minggu. Namun setelah beberapa hari, peserta penelitian melaporkan bahwa mereka tidak lagi mencium bau tersebut saat masuk ke dalam, dan mereka tidak lagi sensitif terhadap bau tersebut saat mereka terpapar bau tersebut selama kunjungan ke laboratorium Dalton.

Lantas, Bagaimana Cara Mudah Mendeteksi Bau Badan Sendiri?

Untuk menghentikan proses ‘pembiasaan’ ini,  direktur sains dan teknologi di Aroma Academy, George Dodd menyarankan untuk kembali terbung dengan alam. Cobalah untuk menghirup udara segar dalam-dalam beberapa kali. 

“Untuk membersihkan hidung dan mencari bau baru,” kata Dodd, dikutip dari Guardian. "Mengendus berulang kali membangun jalur saraf yang lebih kuat dan membuat bau lebih terasa bagi kita,” lanjutnya.

Selain itu, kamu juga bisa mendeteksi bau badan melalui mencium pakaian setelah kamu mengenakannya seharian. Terutama di sekitar area ketiak dan bagian tubuh yang berkeringat banyak. Jika kamu mencium bau yang tidak sedap, itu mungkin merupakan indikator bahwa kamu memiliki masalah bau badan yang meresap ke dalam pakaian kamu. Bau badan kita sendiri dapat bertambah karena bahan yang kita kenakan, dengan bahan sintetis yang tidak dapat bernapas berada di urutan teratas sebagai penyebab bau badan yang tidak sedap.

Tanyakan Langsung ke Teman atau Pasangan

Cara terakhir adalah bertanya pada teman atau pasangan untuk memberikan penilaian jujur tentang bau badan kamu. Beri tahu mereka bahwa kamu khawatir jika memiliki bau badan. Jangan lupa untuk meyakinkan mereka bahwa kamu menginginkan kebenaran dan tidak akan tersinggung dengan penilaian mereka.  

“Sayangnya, kamu hanya perlu bergantung pada pendapat teman dekat atau pasangan,” kata Dalton.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading