Sukses

Health

10 Tanda Gejala Anak Gagal Ginjal yang Fatal tapi Sering Terabaikan

 

Fimela.com, Jakarta Ginjal adalah organ vital yang bertanggung jawab untuk menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah, serta menjaga keseimbangan elektrolit. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka akan ada banyak masalah yang mungkin dialami di dalam tubuh sehingga pada taraf tertentu disebut dengan gagal ginjal. Sayangnya, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami gagal ginjal, anak-anak pun.

Gagal ginjal pada anak-anak merupakan kondisi medis yang serius sehingga memerlukan penanganan secepatnya. Berbagai gejala dapat muncul sebagai penanda awal gagal ginjal. Berikut adalah sepuluh ciri utama yang dapat mengindikasikan gagal ginjal pada anak-anak.

1. Pembengkakan (Edema)

Pembengkakan pada wajah, tangan, kaki, atau perut adalah tanda umum gagal ginjal. Ini terjadi karena ginjal yang rusak tidak dapat mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh sehingga menyebabkan penumpukan cairan di dalam jaringan yang pada akhirnya muncul sebagai pembengkakan pada semua bagian tubuh.

2. Perubahan Urin

Anak-anak dengan gagal ginjal mungkin mengalami perubahan pola buang air kecil. Ini bisa termasuk frekuensi buang air kecil yang lebih sedikit, warna urin yang lebih kuning atau gelap, dan bahkan adanya darah dalam urin. Perubahan ini menunjukkan bahwa organ ginjal tidak berfungsi dengan baik dalam menyaring limbah dari darah untuk mengeluarkan zat sisa dan racun.

3. Kelelahan dan Kelemahan

 

Gagal ginjal dapat menyebabkan anemia karena ginjal yang rusak tidak dapat memproduksi cukup hormon eritropoietin, yang merangsang produksi sel darah merah. Anemia ini dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan yang signifikan pada anak-anak sehingga kondisinya lesu meski sudah istirahat.

4. Nafsu Makan dan Berat Badan yang Turun

Anak-anak dengan gagal ginjal sering kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan. Ini bisa disebabkan oleh mual, muntah, atau rasa tidak nyaman yang terkait dengan kondisi ini. Anak-anak menjadi sangat rewel dan tidak mau makan.

5. Tekanan Darah Tinggi

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah karena darah mengangkut banyak sekali zat sisa, mineral dan lain sebagainya yang tidak tersaring oleh ginjal. Tekanan darah tinggi pada anak-anak adalah tanda peringatan yang serius dan harus segera ditangani oleh profesional medis.

6. Nyeri Punggung

Anak-anak dengan gagal ginjal mungkin mengeluh tentang nyeri di punggung bagian bawah atau samping tubuh. Ini bisa disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada ginjal sehingga menimbulkan nyeri yang tidak tertahankan.

7. Kulit Gatal dan Kering

Ginjal yang rusak tidak dapat mengeluarkan limbah dan racun dari dalam darah dengan efektif, yang dapat menyebabkan penumpukan zat-zat ini di kulit. Akibatnya, anak dapat mengalami kulit yang gatal dan kering bahkan bersisik.

8. Kram Otot

Ketidakseimbangan elektrolit yang disebabkan oleh gagal ginjal dapat menyebabkan kram otot. Kadar kalsium dan fosfor yang tidak seimbang dalam darah dapat memicu kontraksi otot yang menyakitkan.

9. Kesulitan Bernapas

Penumpukan cairan di tubuh akibat gagal ginjal dapat menyebabkan edema paru, yaitu penumpukan cairan di paru-paru. Ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan merupakan kondisi medis darurat karena dapat menyebabkan henti napas.

10. Perubahan Kondisi Mental

Penumpukan racun dalam darah yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal yang rusak dapat mempengaruhi fungsi otak. Anak-anak mungkin mengalami kebingungan, kesulitan berkonsentrasi, atau perubahan perilaku seperti halusinasi dan lain sebagainya.

Itu dia sekian tanda atau gejala gagal ginjal pada anak-anak yang fatal tapi sebaiknya tidak diabaikan.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading