Sukses

Health

Jangan Remehkan Batuk Sepele yang Berkepanjangan, Bisa Jadi Masalah Kesehatan yang Serius

Fimela.com, Jakarta Batuk bisa menjadi masalah kesehatan yang serius jika disepelekan, terutama jika didiamkan berlangsung selama lebih dari dua minggu atau kamu mendapati gejala lain, seperti kesulitan bernapas. Batuk adalah refleks alami tubuh yang berfungsi membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritan asing.

Menurut data, batuk menjadi alasan 30 juta kunjungan ke klinik setiap tahunnya. Dan dari semua kunjungan, 40% dari pasien dilanjutkan pemeriksaan ke dokter spesialis.

Kasus batuk akut perlu dilakukan perawatan untuk meredakan gejalanya, sedangkan beberapa jenis batuk bisa diatasi dengan mengonsumsi obat batuk yang dijual bebas. Batuk juga bisa dipengaruhi oleh beberapa factor psikis, seperti stres, cemas, atau kondisi emosional tertentu.

"Batuk psikis terjadi karena stres, cemas, atau dipicu oleh kondisi emosional tertentu. Batuk ini menyebabkan otot-otot di saluran napas jadi lebih sensitive dan mudah iritasi," jelas Dr. Gia Pratama, Dokter Umum & Kepala Instalasi IGD RS Prikasih.

 

Cara mengatasi batuk

Sedangkan batuk yang berlangsung lama dan tak kunjung sembuh, biasanya merupakan gejala dari masalah kesehatan tertentu. Lebih dari sebab faktor psikis, umumkan batuk bisa disebabkan faktor lingkungan sekitar.

"Paparan polusi, asap rokok, udara dingin bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan dan batuk. Batuk juga bisa berasal dari infeksi virus pada saluran pernapasan, yang biasa dikenal dengan batuk pilek, terutama di musim pancaroba seperti ini," tambah dr. Patriotika Ismail, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS EMC Cikarang.

Ketika mengalami batuk berkepanjangan tanpa gejala lain yang menyertai, segera periksa ke dokter. Atau kamu bisa melakukan relaksasi dan meditasi untuk mengurangi stres dan cemas.

Konsumsi makanan yang bisa membuat kamu semakin rileks, seperti jahe, peppermint, atau jeruk nipis. Apa kamu pernah mengalami batuk berkepanjangan, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading