Sukses

Health

Tips Diet Turun 7 Kilogram dalam Dua Minggu tanpa Olahraga

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang pasti ingin mencoba diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat, termasuk kamu yang membaca artikel ini. Namun, penting untuk diingat bahwa diet yang sehat biasanya hanya menargetkan penurunan berat badan sekitar 500 gram hingga 1 kilogram per minggu. Untuk menurunkan 7 kilogram dalam dua minggu, kamu perlu menciptakan defisit kalori sekitar 3.500 kalori per hari. 

Meskipun terdengar sangat menggoda, metode ekstrem ini bisa menyebabkan efek samping seperti kekurangan nutrisi dan penurunan metabolisme. Seperti yang dilansir dari National Library of Medicine, penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat menyebabkan defisiensi nutrisi penting, memperlambat metabolisme, dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya

Kalau kamu tetap ingin mencapainya dengan aman, berikut ini merupakan tips diet yang bisa membantu kamu!

1. Kurangi Kalori Harian

 

Catat semua yang kamu makan dan minum dengan aplikasi atau jurnal makanan. Targetkan 1.200 kalori sehari untuk wanita dan 1.500 kalori untuk pria. Ini membantu kamu mengontrol asupan kalori dengan lebih baik.

2. Pilih Buah dan Sayuran

Usahakan makan dua hingga tiga porsi buah dan sayuran di setiap waktu makan. Buah dan sayur tinggi serat, bikin kamu kenyang lebih lama, dan kalori jadi lebih terjaga.

3. Konsumsi Produk Susu Rendah Lemak

Konsumsi dua hingga tiga porsi produk susu rendah lemak setiap hari. Ini mendukung proses penurunan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat. Jika ingin membuat dessert, susu rendah lemak, cocok untuk menggantikan susu dengan kadar gula yang tinggi.

4. Makan Makanan Pedas

Tambahkan makanan pedas ke dalam menu kamu. Capsaicin dalam cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Jika kamu tidak suka pedas hingga alergi, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi.

5. Ganti Makanan Tinggi Kalori

 

Pilih makanan dengan kalori lebih rendah. Ganti minuman manis dengan air putih dan camilan tidak sehat dengan buah segar seperti Apel, berry, kurama dan lain yang rendah kalori dan cocok untuk diet.

6. Coba Puasa Intermittent

Terapkan puasa intermiten dengan makan dalam rentang waktu delapan hingga sepuluh jam. Hindari makan dan ngemil di luar periode tersebut untuk memaksimalkan hasilnya.

7. Tidur Tujuh hingga Sembilan Jam Semalam

Jangan lupakan pentingnya tidur. Tidur yang cukup membantu kamu membuat keputusan diet yang lebih baik dan memberikan energi ekstra untuk aktivitas sehari-hari. Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk menjaga rutinitas yang konsisten.

Dengan tips-tips ini, kamu bisa mencoba menurunkan berat badan secara aman dan efektif. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading