Sukses

Health

5 Penyebab Utama Munculnya Uban di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Munculnya uban di usia muda sering kali menjadi tanda tanya besar bagi banyak orang. Rambut yang mulai memutih sebelum memasuki usia 30-an, bisa menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Ini juga rentan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Buat kamu yang mengalami, cobalah untuk tidak khawatir berlebihan. Pasalnya, fenomena ini bukanlah sesuatu yang langka. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Ada beberapa penyebab atau faktor utama kenapa muncul uban di usia yang masih sangat muda. Adapun penyebabnya antara lain sebagai berikut. 

 

Faktor Genetik

Salah satu penyebab utama munculnya uban di usia muda adalah faktor genetik. Jika orang tua atau kakek-nenek Sahabat Fimela mengalami uban di usia muda, kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal "Nature Communications" menemukan bahwa gen IRF4 berperan penting dalam regulasi produksi melanin. Ini sebuah pigmen yang memberi warna pada rambut. Mutasi pada gen ini bisa menyebabkan rambut beruban lebih awal atau di usia yang muda. 

 

Stres, Kecemasan dan Depresi

Studi menemukan jika stres kronis juga bisa memengaruhi kesehatan rambut. Stres meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat mengganggu produksi melanin. Penelitian yang diterbitkan dalam "Nature Medicine" menunjukkan bahwa stres bisa memicu kerusakan sel induk melanosit yang bertanggung jawab untuk pewarnaan rambut. Seseorang yang kerap stres, cemas dan depresi, lebih mungkin mengalami rambut beruban di usia yang masih muda.  

Kekurangan Nutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu, seperti Vitamin B12, zat besi, dan tembaga, juga rentan menyebabkan rambut beruban lebih cepat. Vitamin B12, khususnya, sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan anemia pernisiosa, yang salah satu gejalanya adalah munculnya uban di usia muda. 

 

Paparan Polusi dan Radikal Bebas

Polusi udara dan radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel rambut. Radikal bebas rentan menyebabkan stres oksidatif yang merusak melanosit, sel-sel yang memproduksi melanin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Journal of Investigative Dermatology," menemukan bahwa paparan polutan tertentu cenderung mempercepat proses uban.

 

Penyakit Autoimun

Beberapa penyakit autoimun, seperti vitiligo dan alopecia areata, bisa menyebabkan rambut kehilangan warna. Dalam kondisi ini, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel melanin, yang menyebabkan rambut menjadi putih atau abu-abu.

Munculnya uban di usia muda bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari genetik hingga gaya hidup. Memahami penyebabnya akan cukup membantu kita dalam mengambil langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang tepat. Jika kamu mengalami uban di usia muda, konsultasikan dengan dokter atau ahli dermatologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan panik atau khawatir berlebihan, karena ini justru memperparah tumbuhnya uban. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading