Sukses

Health

Tes Genomics 360 Karakteristik Bisa Mengetahui Kondisi Kesehatan Mental Hingga Tipe Diet yang Cocok

Fimela.com, Jakarta Tes genomic mulai menjadi tren di dunia kesehatan. Tes ini dilakukan cukup dengan swab dan memberikan hasil yang signifikan dan membantu seseorang untuk mengetahui lebih dalam bagaimana karakteristiknya. 

Goals akhirnya adalah seseorang bisa mendapatkan pengobatan yang tepat atau precision medicine. Nah, tes genomic ini merupakan proses analisis DNA untuk mengidentifikasi variasi genetic. Dari hasil tersebut, pasien akan mendapatkan banyak informasi tentang dirinya. 

Informasi tersebut antara lain, seputar kesehatan risiko penyakit di kemudian hari, bakat seseorang, sifat, pola diet yang cocok, olahraga yang sesuai dengan genetic pasien, hingga kondisi kesehatan mental. 

“Dari tes genomics ini, pasien akan memahami bagaimana gen memengaruhi pemilihan nutrisi dan kebugaran melalui nutrigenomik dan sportgenomik,” jelas dr Christina Rusli SpGK – spesialis gizi klinis National Hospital, Surabaya.

Tes genomic dilakukan sekali seumur hidup. Ada 360 hasil laporan dari tes genomic. Ratusan tersebut diklasifikasikan menjadi 19 kategori. Belasan kategori itu antara lain, Integumentary System, Skeletal System, Nervous System, Visual System, Lymphoid System & Immunity, Respiratory System, Female Reproductive System, Sport Genomics, Behavioral Genetics, Personality, Cognitive Hereditary, Nutrition, Circulation System, Diet, Digestive, Endocrine System, Urinary, Mental Health Condition, dan Male Reproductive System. 

Syarat Pemeriksaan genomics hingga memperoleh pengobatan efektif

Pemeriksaan genomics ini tidak ada batasan usia. Sebelum tes, pasien akan diminta untuk puasa makan dan minum, kecuali air putih 60 menit sebelum melakukan tes 360 DNA.

Tingkat akurasi hasil pemeriksaan DNA lebih dari 98,5 persen. Selain itu, informasi genetic yang diperoleh dari pemeriksaan dapat digunakan untuk personalisasi pengobatan.

Dengan memahami bagaimana seseorang akan merespons terhadap suatu obat, maka demikian dokter dapat memilih pengobatan yang paling efektif.

CEO National Hospital Ang Hoey Tiong mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan fitur-fitur dalam National Hospital Apps untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan. Kolaborasi antara National Hospital dengan Asaren dalam menyelenggarakan tes genomics melalui National Hospital Apps tersebut menjadi salah satu bentuk bagaimana pihaknya menjawab kebutuhan masyarakat.

Ang Hoey Tiong mengungkapkan, begitu pasien mengetahui apa saja risiko penyakit lalu bagaimana pola diet, maka pasien akan lebih mudah mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Selain itu, pasien juga bakal terhindar dari pengeluaran mendadak akibat penyakit.

“Misal ada risiko penyakit tertentu terkait endokrin. National Hospital memiliki banyak layanan keunggulan untuk membantu pasien mendapatkan kualitas hidup lebih baik lagi. Jadi, tak perlu berobat di luar negeri, di National Hospital ramah dengan teknologi dan didampingi oleh tim dokter yang ekspert,” jelasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading