Sukses

Health

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Malam hari seringkali menjadi waktu yang krusial dalam usaha penurunan berat badan. Kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur memiliki dampak signifikan terhadap metabolisme tubuh dan kualitas tidur, yang pada akhirnya mempengaruhi efektivitas program penurunan berat badan. Apakah berat badan akan turun secara signifikan atau justru naik drastis, sering kali ditentukan oleh apa yang kita lakukan di waktu malam hari. Tidak hanya berdampak pada berat badan, kebiasaan malam hari juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kondisi kulit dan proses penuaan.

Menurut laman Healthline.com, kebiasaan di malam hari memainkan peran penting dalam menentukan ideal tidaknya berat badan seseorang. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan ini juga berkontribusi terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh dan bisa memengaruhi penampilan seseorang dalam jangka panjang. Melakukan kebiasaan yang tepat secara rutin dan teratur tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat secara optimal. Beberapa kebiasaan malam hari berikut ini terbukti efektif dalam mendukung program penurunan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut informasinya seperti dirangkum dari berbagai sumber terkait cara menurunkan berat badan pada, Jumat (19/7/2024).

Porsi Makan yang Terkendali

Makan malam yang terlalu besar atau berat bisa memperlambat proses metabolisme tubuh saat tidur. Saat malam hari, disarankan untuk makan porsi kecil yang mengandung protein dan serat tinggi. Pastikan makanan tersebut rendah lemak dan karbohidrat. Ini agar tubuh bisa mencerna dengan lebih efisien dan memungkinkan keberhasilan program diet berjalan lebih baik.

Hindari Makanan Berlemak Tinggi dan Makanan Cepat Saji

Kebiasaan malam hari yang manjur untuk menurunkan berat badan adalah menghentikan konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Pastikan untuk menghindari asupan makanan cepat saji. Makanan berlemak dan cepat saji adalah faktor utama peningkatan berat badan secara drastis. Mengonsumsinya di malam hari justru akan membuat berat badan semakin tak terkendali.

Tidur Cukup

Sudahkah kamu memiliki tidur cukup setiap malamnya? Tidur yang cukup dan berkualitas penting dalam upaya menurunkan berat badan. Kurang tidur bisa memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, sehingga sangat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan.

Minum Teh Hijau atau Infused Water

Minuman rendah kalori seperti teh hijau atau infused water di malam hari tidak hanya membantu mengendalikan nafsu makan tetapi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses detoksifikasi. Ini juga sangat baik dalam proses menurunkan berat badan. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi minuman sehat di malam hari berpotensi besar menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan sebelum tidur bisa membantu membakar kalori dan meningkatkan kualitas tidur. Pilihan olahraga seperti yoga atau peregangan ringan akan membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Tubuh yang nyaman dan pikiran tenang merupakan salah satu kebiasaan baik yang membantu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa membantu menurunkan berat badan. Selain kebiasaan di atas, kebiasaan lain seperti berhenti merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan mengelola stres dengan baik juga berpotensi besar membantu menurunkan berat badan secara maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Beberapa Pertanyaan Seputar Cara Menurunkan Berat Badan dari Warganet

Berapa Berat Badan yang Normal?

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut adalah 4 kategori indeks massa tubuh berdasarkan nilai IMT:

  • Berat badan kurang (underweight): ≤ 18,49 kg/m²
  • Berat badan ideal atau normal: 18,5–24,9 kg/m²
  • Berat badan berlebih (overweight): 25–27 kg/m²

Apakah Bisa Turun 5 kg dalam 1 Minggu?

Pada dasarnya, tak ada batasan untuk menurunkan berat badan. Artinya, menurunkan berat badan sebanyak 5 kg dalam sepekan bisa saja dilakukan meski dengan cara yang cukup sulit. Beberapa jenis diet diketahui menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu cepat.

Apa yang Menyebabkan Berat Badan Cepat Naik?

Penyebab berat badan naik secara drastis bisa berasal dari beberapa faktor kebiasaan seperti stres, pola tidur tidak teratur, mengonsumsi gula, dan duduk seharian.

Diet IF Itu Seperti Apa?

Intermittent fasting (IF) menjadi salah satu gaya hidup sehat yang populer belakangan ini. Metode diet ini menerapkan pola makan dengan menentukan periode batasan untuk puasa dan waktu makan.

Pola Makan Diet Jam Berapa?

Sebuah survei mengungkapkan waktu terbaik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam jika ingin menurunkan berat badan adalah:

  • Sarapan: tepat setelah pukul 7 pagi
  • Makan siang: antara pukul 12.30 dan 13.00
  • Makan malam: antara pukul 18.00 dan 18.30

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading