Sukses

Health

10 Tips Agar Produksi ASI Lancar Selama Menyusui

Fimela.com, Jakarta Menyusui adalah proses alami yang memberikan banyak manfaat bagi bayi dan ibu. Namun, beberapa ibu mungkin menghadapi tantangan dalam menjaga produksi ASI yang cukup. Beberapa ibu mungkin bisa menyusui dengan lancar setiap harinya. Ia memiliki produksi ASI yang melimpah serta punya kandungan nutrisi terbaik. Namun, tak sedikit ibu yang mengalami banyak tantangan selama menyusui. Termasuk tantangan ketika mendapati ASI tak lancar.

Agar produksi ASI lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini juga sebagai cara yang bisa Mom lakukan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu memastikan produksi ASI tetap lancar selama menyusui.

 

Susui Bayi Secara Teratur

Menyusui bayi sesuai permintaan adalah cara terbaik untuk merangsang produksi ASI. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak ASI yang akan diproduksi oleh tubuh. Cobalah untuk menyusui setiap 2-3 jam, termasuk di malam hari.

Pastikan Posisi dan Perlekatan yang Benar

Posisi dan perlekatan yang benar sangat penting untuk keberhasilan menyusui. Pastikan bayi melekat dengan baik pada payudara sehingga ia dapat menyusu dengan efektif. Jika perlu, minta bantuan konsultan laktasi atau bidan, untuk memastikan teknik menyusuimu sudah benar atau belum. 

 

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan nutrisi yang baik sangat penting untuk produksi ASI. Pastikan Mom mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Beberapa makanan yang dikenal dapat meningkatkan produksi ASI antara lain oatmeal, almond, bayam, dan wortel.

Minum Cukup Air

Dehidrasi bisa mengurangi produksi ASI. Pastikan Mom minum cukup air setiap hari, sekitar 8-10 gelas, atau lebih jika kamu merasa haus. Air putih adalah pilihan terbaik, tetapi jus buah dan susu juga bisa menjadi alternatif sebagai penghidrasi tubuh. 

 

Istirahat Cukup

Kelelahan bisa mempengaruhi produksi ASI. Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup, meskipun ini mungkin sulit dengan bayi baru lahir. Cobalah tidur saat bayi tidur dan jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau teman.

Hindari Stres

Stres bisa berdampak negatif bagi tubuh. Terlebih pada ibu menyusui. Kondisi ini bisa menghambat produksi ASI. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam untuk membantu mengurangi stres. Berbicara dengan teman atau bergabung dengan kelompok dukungan ibu menyusui juga dapat memberikan kenyamanan emosional.

 

Pijat Payudara

Memijat payudara secara lembut sebelum dan selama menyusui bisa membantu memperlancar aliran ASI. Pijatan ini juga akan merangsang kelenjar susu dan membantu mengosongkan payudara dengan lebih efektif.

Pertimbangkan Suplemen Laktasi

Beberapa ibu mungkin memerlukan suplemen untuk meningkatkan produksi ASI. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan laktasi sebelum mengonsumsi suplemen apa pun. Beberapa suplemen yang dikenal terbilang cukup membantu termasuk fenugreek, blessed thistle, dan daun katuk.

 

Pompa ASI

Jika bayi tidak bisa menyusu langsung atau jika Mom perlu meningkatkan produksi ASI, memompa ASI secara teratur akan menjadi solusi. Pompa ASI setiap 2-3 jam selama 15-20 menit di setiap payudara untuk merangsang produksi ASI. Ini cukup efektif untuk memperlancar ASI. 

Percaya Diri dan Bersabar

Kepercayaan diri dan kesabaran adalah kunci sukses menyusui. Percayalah bahwa tubuh Mom mampu memproduksi ASI yang cukup untuk bayi. Jangan ragu untuk mencari bantuan jika kamu menghadapi masalah dalam menyusui.

Itulah sekian cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar produksi ASI. Cara di atas juga bisa menjadi aktivitas yang membantu Mom jadi ibu hebat untuk buah hati di rumah. Semoga cara ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading