Sukses

Health

Hawa Dingin Bikin Dikit-Dikit Kencing atau Beser? Begini Cara Mengatasinya!

Fimela.com, Jakarta Hawa dingin dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil atau beser. Fenomena ini disebut "cold diuresis". Ketika tubuh terpapar udara dingin, pembuluh darah akan menyempit secara alami untuk mengalirkan darah ke organ-organ vital. Hal ini menyebabkan tubuh menyaring lebih banyak darah dan menghasilkan lebih banyak urine, sehingga membuat seseorang lebih sering buang air kecil.

Selain itu, cuaca dingin juga dapat mempengaruhi respons tubuh dalam mengatur suhu tubuh. Ketika tubuh terpapar suhu dingin, tubuh akan berusaha untuk memproduksi panas lebih banyak. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggigil, yang dapat meningkatkan metabolisme dan menghasilkan panas.

Selain itu, tubuh juga dapat merespons dengan mengeluarkan urine lebih banyak untuk mengatur suhu tubuh. Lantas, bagaimana cara mengatasi beser saat hawa dingin melanda, agar tidak bolak-balik pergi ke toilet atau kamar mandi?

Cara Mengatasi Beser Saat Hawa Dingin

Batasi Asupan Cairan Sebelum Tidur

Kurangi jumlah cairan yang kamu minum sebelum tidur untuk menghindari perjalanan tengah malam ke toilet. Minum terlalu banyak cairan sebelum tidur dapat mendorong tubuh untuk buang air kecil di malam hari, yang dapat mengganggu tidur dan membuat sulit tidur kembali. Cobalah untuk tidak minum terlalu banyak cairan setidaknya satu jam sebelum tidur. Selain itu, pergi ke kamar kecil tepat sebelum tidur juga dapat membantu.

Latih Kandung Kemih

Cobalah untuk mulai mengatur dan melatih kandung kemihmu, yaitu mengetahui kapan sebaiknya kamu harus pergi ke kamar mandi. Perlahan-lahan, kamu dapat meningkatkan jumlah waktu di antara kunjungan ke kamar mandi dan meningkatkan kapasitas kandung kemih.

Latihan kegel dapat membantu membangun otot-otot kandung kemih dan otot panggul. Latihan ini melibatkan menahan kencing selama beberapa detik dan kemudian merilekskan otot-otot tersebut. Ulangi latihan ini beberapa kali setiap hari untuk memperkuat otot-otot tersebut.

Latihan otot panggul juga dapat membantu menguatkan otot-otot yang menopang organ di area tersebut, meningkatkan kontrol kandung kemih, dan mencegah inkontinensia urine. Menjaga berat badan ideal juga dapat membantu mengurangi tekanan pada kandung kemih dan meminimalkan masalah kesehatan yang terkait dengan kandung kemih.

Cara Mengatasi Beser Saat Hawa Dingin

Perhatikan Asupan Cairan

Perhatikan jumlah cairan yang kamu minum sepanjang hari. Jika kamu cenderung mengalami beser, kamu dapat mengurangi porsi minum air putih atau memilih minuman yang tidak merangsang produksi urin berlebihan, seperti soda, teh, kopi, atau alkohol.

Hindari minuman beralkohol, kafein, dan minuman manis sebelum tidur. Kafein dan alkohol dapat mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan kamu terbangun pada malam hari. Batasi pula asupan garam, karena garam dapat meningkatkan volume cairan dalam pembuluh darah, yang dapat menyebabkan peningkatan produksi urine.

Selain itu, minuman berkarbonasi seperti soda dapat mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan dorongan untuk buang air kecil. Makanan pedas juga dapat merangsang kandung kemih dan menyebabkan dorongan untuk buang air kecil. Makanan yang tinggi asam, seperti jeruk, tomat, dan makanan yang mengandung cuka, juga dapat mengiritasi kandung kemih dan memicu beser.

Jaga Kehangatan Tubuh

Ketika udara dingin, pastikan kamu tetap hangat dengan berpakaian yang sesuai. Saat tidur, gunakan pakaian yang dapat menjaga suhu tubuhmu. Memakai pakaian yang hangat, seperti celana panjang dan penutup kepala, dapat membantu menjaga kehangatan tubuh saat tidur.

Selain itu, gunakan kaus kaki, karena dapat membantu menghangatkan seluruh tubuh, termasuk kaki, sehingga membantu menjaga kehangatan tubuh saat tidur. Pastikan pula suhu ruangan tidak terlalu dingin saat tidur. Mengatur suhu ruangan agar nyaman dan tidak terlalu dingin juga dapat membantu menjaga kehangatan tubuh.

Bila sempat, lakukan olahraga ringan seperti sit up dan push up sebelum tidur, karena hal tersebut dapat membantu meningkatkan suhu tubuh setidaknya untuk sementara waktu. Rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari juga dapat membantu menjaga kehangatan tubuh. Kamu juga bisa minum minuman hangat seperti teh sebelum tidur, karena dapat membantu menjaga kehangatan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading