Sukses

Health

5 Tanaman Herbal yang Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan tak disadari keberadaannya, ini rentan membuat penderitanya mengalami masalah kesehatan yang serius. Dari laman healthline.com, pola hidup yang kurang sehat digadang-gadang sebagai penyebab utama dari masalah ini. Istirahat yang kurang, terbiasa konsumsi makanan cepat saji dan stres, sejauh ini menjadi penyebab kolesterol tinggi yang kerap terjadi. 

Pengobatan yang tepat dan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, cukup ampuh untuk mengatasi kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Selain itu, konsumsi obat herbal dari tanaman tertentu juga cukup membantu. Para ahli mengungkapkan jika ada berbagai cara alami untuk mengelola kadar kolesterol, salah satunya dengan menggunakan tanaman herbal. Dan berikut, adalah beberapa tanaman herbal yang telah terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh secara bertahap. 

 

1. Daun Salam

Daun salam tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kandungan flavonoid dan tanin dalam daun salam diketahui bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Daun salam bisa digunakan sebagai teh herbal dan dikonsumsi sehari-hari untuk bantu turunkan kolesterol tinggi. 

Cara Penggunaan: Rebus beberapa lembar daun salam dalam air selama 10-15 menit. Minum air rebusan tersebut secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

2. Kunyit

Kunyit juga merupakan rempah yang ampuh turunkan kolesterol tinggi. Kunyit memiliki kandungan kurkumin, senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kurkumin dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Ini juga baik dalam pengobatan masalah kesehatan lambung, diebetes hingga tekanan darah tinggi. 

Cara Penggunaan: Tambahkan kunyit dalam masakan sehari-hari atau buat teh kunyit dengan merebus bubuk kunyit dalam air. Kamu juga bisa menambahkan sedikit madu untuk meningkatkan rasanya menjadi lebih baik di lidah. 

 

3. Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Senyawa allicin dalam bawang putih cukup membantu mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Bawang putih juga sebagai salah satu tanaman herbal yang efektif bantu turunkan tekanan darah tinggi. Ini bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh dan memiliki sifat antioksidan tinggi. 

Cara Penggunaan: Konsumsi satu atau dua siung bawang putih mentah setiap hari. Jika tidak tahan dengan rasa dan baunya, kamu bisa menggunakannya sebagai bumbu dalam masakan. Bawang putih juga bisa dikonsumsi setelah dibakar. 

 

 

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dan mencegah pembentukan plak pada arteri. Selain itu, jahe juga membantu meningkatkan sirkulasi darah. Jahe termasuk tanaman herbal dengan segudang manfaat mengesankan. 

Cara Penggunaan: Rebus beberapa potong jahe segar dalam air selama 10-15 menit. Minum air rebusan jahe tersebut secara teratur. Kamu juga bisa menambahkan jahe dalam masakan atau membuat teh jahe.

 

5. Fenugreek

Fenugreek, atau yang dikenal dengan nama kelabat, adalah tanaman herbal yang bijinya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan serat dalam biji fenugreek cukup ampuh mencegah penyerapan kolesterol dalam usus. Ini juga memiliki banyak manfaat lainnya pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Cara Penggunaan: Rendam biji fenugreek dalam air semalaman dan konsumsi air rendaman tersebut di pagi hari. Anda juga bisa menambahkan biji fenugreek dalam masakan atau membuat teh fenugreek.

Menggunakan tanaman herbal sebagai bagian dari pola makan sehari-hari, diharapkan bisa menjadi cara yang efektif dan alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa perubahan gaya hidup lainnya, seperti berolahraga secara teratur dan menghindari makanan tinggi lemak jenuh, juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga kestabilan kadar kolesterol tubuh. Sebelum memulai pengobatan herbal, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan untuk memastikan kesesuaian dan keamanan bagi kondisi kesehatanmu ya Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading