Sukses

Health

Panduan Langkah Demi Langkah dalam Merawat Rambut Rontok, Ikuti dengan Telaten!

Fimela.com, Jakarta Panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok tidak hanya terkait dengan penggunaan produk perawatan rambut semata, melainkan juga memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan perubahan gaya hidup serta perhatian terhadap kesehatan secara menyeluruh.

Panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok pun juga berguna untuk membantu pertumbuhan rambut agar sehat dan kuat. Jika menjalankan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok secara konsisten, hasil yang didapat pun akan optimal.

Namun, sebelum mengikuti panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok, ada baiknya kamu mengetahui tanda-tanda atau gejala kerontokan rambut yang terjadi.

Dilansir dari Mayoclinic, kerontokan rambut dapat terjadi dalam berbagai cara, tergantung pada penyebabnya. Selain itu, kerontokan rambut dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dan memengaruhi kulit kepala atau seluruh tubuh. Adapun penyebab dan tanda-tandanya seperti di bawah ini,

Penipisan Bertahap di Bagian Atas Kepala

Ini adalah jenis kerontokan rambut yang paling umum dan memengaruhi orang seiring bertambahnya usia. Pada pria, rambut sering kali mulai surut di garis rambut di dahi dan wanita biasanya mengalami pelebaran di bagian rambut mereka. Pola kerontokan rambut yang semakin umum pada wanita yang lebih tua adalah garis rambut yang surut.

Rambut Rontok Secara Tiba-Tiba

Guncangan fisik atau emosional dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut mungkin rontok saat menyisir atau mencuci rambut atau bahkan setelah ditarik pelan. Jenis kerontokan rambut ini biasanya menyebabkan rambut menipis secara keseluruhan tetapi bersifat sementara.

Kebotakan Tidak Merata

Beberapa orang mengalami kebotakan melingkar atau tidak merata pada kulit kepala, janggut, atau alis. Kulit kamu mungkin terasa gatal atau nyeri sebelum rambut rontok.

Merawat Rambut Rontok

Jika kamu sudah mengetahui tanda-tanda dan penyebab dari rambut rontok, yang perlu kamu ingat adalah hal itu juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dan penuaan. Untuk itu, panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana.

Dilansir dari Medicalnewstoday, berikut ini praktik dan perawatan tertentu yang dapat membantu memperkuat atau menumbuhkan kembali rambut.

Diet

Mengubah pola makan dapat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut dan perubahan pola makan dapat meliputi;

  • Konsumsi Protein Ekstra: Beberapa penelitian menemukan bahwa asupan protein dan asam amino yang rendah dapat memengaruhi kerontokan rambut. Untuk itu, dibutuhkan protein ekstra guna menjaga agar rambut tetap sehat.
  • Ikuti Diet Mediterania: Sebuah studi tahun 2017 di Archives of Dermatological Research menemukan hubungan antara herba dan sayur dalam diet Mediterania dengan penurunan risiko alopecia androgenetik, atau kebotakan pola, pada pria.
  • Hindari Diet Ketat: Diet rendah kalori dapat menghilangkan nutrisi penting dari tubuh, termasuk nutrisi yang diperlukan untuk rambut sehat seperti protein, asam lemak, dan seng. Diet ketat biasanya tidak menghasilkan penurunan berat badan permanen.

Merawat Rambut Rontok

Selain diet, terdapat beberapa panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok, apa saja?

Suplemen dan Obat-obatan

Beberapa suplemen dan perawatan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerontokan rambut.

  • Konsumsi Suplemen Multivitamin: Penelitian yang dilakukan beberapa pihak menunjukkan vitamin membantu mencegah rambut rontok. Pasalnya, jika kekurangan vitamin, hal itu dapat berpengaruh pada rambut rontok seperti selenium, vitamin B, zinc, vitamin Diron, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Siapa pun yang mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Produk terbaik mengandung semua atau sebagian besar jumlah vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan dalam satu dosis.

  • Konsumsi Obat Penumbuh Rambut: Beberapa penelitian menunjukkan, minoksidil adalah pengobatan utama untuk alopecia androgenetik pada pria dan wanita. Minoksidil adalah bahan aktif dalam Rogaine, yang tersedia tanpa resep dokter (OTC). Ya, minoksidil sangat berguna untuk mengobati penyebab kerontokan rambut lainnya seperti kemoterapi.

 

Tips Rambut Agar Sehat

Praktik dan produk tertentu dapat membantu rambut lebih sehat dan mencegah rambut rontok. Ini dapat meliputi:

Memijat Kulit Kepala

Sebuah studi kecil tahun 2016 yang melibatkan sembilan pria sehat menemukan bahwa pijat kulit kepala selama 4 menit setiap hari dapat merangsang pertumbuhan rambut. Temuan itu pun menjanjikan sekaligus menentukan pijat kulit kepala bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok.

Mencoba Terapi Cahaya Laser

Terapi cahaya laser atau juga dikenal sebagai terapi cahaya merah adalah perawatan untuk masalah kulit yang menggunakan cahaya merah dengan panjang gelombang rendah untuk merangsang pertumbuhan sel.

Menurut uji coba terkontrol kecil tahun 2020 di Korea, setelah 16 minggu, LLLT secara signifikan meningkatkan kepadatan dan ketebalan rambut pada 48 orang dengan alopecia androgenetik.

Gunakan Minyak Kelapa untuk Rambut Rusak

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah rambut rontok akibat kerusakan akibat sinar ultraviolet atau kebiasaan merawat diri. Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dapat memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok akibat kerusakan.

 

Tips Rambut Agar Sehat

Gunakan Minyak Esensial

Mengoleskan minyak esensial tertentu ke kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa minyak biji labu yang dioleskan ke kulit kepala selama tiga bulan, secara signifikan meningkatkan pertumbuhan kembali rambut pada orang dengan pola kebotakan wanita.

Selain itu, minyak rosemary yang dioleskan ke kulit kepala mungkin sama efektifnya dengan minoksidil.

Gunakan Produk yang Mengandung Kafein

Kafein dalam formulasi topikal seperti sampo dan kondisioner dapat mencegah kerontokan rambut seefektif monoksidil. Kafein dapat merangsang metabolisme dan perkembangbiakan sel.

Oleskan Antioksidan ke Kulit Kepala

Menggunakan sampo atau perawatan kulit kepala yang mengandung antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Pasalnya, wanita yang menggunakan sampo atau perawatan kulit kepala tanpa bilas yang mengandung antioksidan piroctone olamine akan mengalami peningkatan pertumbuhan rambut dan kondisi kulit kepala yang lebih baik dibandingkan wanita yang menggunakan produk plasebo.

Lindungi Rambut saat Tidur

Sarung bantal berbahan sutra atau satin dapat membantu mencegah rambut patah akibat gesekan, kekusutan, dan tarikan. Tidur dengan rambut basah dapat melemahkan helaian rambut dan dapat menyebabkan rambut patah, karena saat rambut basah, rambut berada dalam kondisi rentan.

Menjaga Perawatan Rambut dan Kulit Kepala yang Baik

Merawat rambut dan kulit kepala dengan benar dapat membantu mencegah rambut rontok. Perawatan ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut juga dapat mencegah kerusakan dan kerontokan rambut.

Nah, itulah beberapa panduan langkah demi langkah dalam merawat rambut rontok, lakukan secara konsisten agar hasil yang didapatkan maksmal, ya!

 

(*)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading