Sukses

Health

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut, Pernah Melakukan?

Fimela.com, Jakarta Selain karena faktor genetik dan kesehatan tubuh, kerontokan rambut juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkkan kerontokan rambut. Kebiasaan yang dapat memperburuk rambut rontok secara signifikan pun kerap kali dilakukan baik oleh pria maupun wanita.

Kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkkan kerontokan rambut seringkali dilakukan tanpa sadar, bahkan kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari secara langsung berkontribusi terhadap kerontokan rambut yang lebih serius di kemudian hari.

Salah satu kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh sebagian orang, khususnya wanita adalah penggunaan alat styling yang berlebihan seperti pengering rambut panas, catokan, atau produk kimia yang keras. Pasalnya, suhu tinggi dan bahan kimia dapat merusak struktur rambut, menyebabkan kehilangan kelembapan dan kekuatan, yang pada akhirnya menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Selain itu, mengikat rambut terlalu ketat seperti kepang atau ekstensi rambut yang terlalu berat juga dapat menarik akar rambut secara berlebihan dan menyebabkan kerontokan yang berlebihan pada rambut.

Kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkkan kerontokan rambut tak hanya itu saja. Karena terdapat beberapa kebiasaan lain yang dapat menciptakan kerontokan rambut, apa saja?

 

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut

Kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkkan kerontokan rambut terjadi karena hal-hal yang mungkin tidak disadari dalam kegiatan rutin yang dilakukan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkkan kerontokan rambut!

1. Menyisir Rambut Basah Secara Kasar

Ketika kamu selesai mandi, jangan menyisir rambut tatkala kondisinya sedang basah. Ketika berada dalam kondisi seperti itu, alangkah baiknya tunggu hingga rambut menjadi kering.

Pasalnya, jika kamu menyisir rambut ketika dalam kondisi basah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada folikel rambut dan membuatnya patah. Untuk sisirnya pun disarankan untuk menggunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut yang kusut dengan lembut.

2. Gaya Rambut Ketat

Mengaplikasikan gaya rambut ketat dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan alopecia traksi atau bentuk kerontokan rambut. Gaya rambut ketat pun menyebabkan ketegangan terus-menerus pada helaian rambut. Tekanan terus-menerus dapat menyebabkan helaian rambut patah atau mengakibatkan kerusakan folikel.

3. Tidur dengan Rambut Basah

Perlu kamu ketahui bahwa rambut paling lemah saat dalam kondisi basah. Dan tidur dengan rambut basah dapat meningkatkan risiko helaian rambut patah akibat gesekan rambut dengan bantal, untuk itu lebih baik mandi di pagi hari atau pastikan rambut kering sebelum tidur.

4. Terlalu Sering Pakai Alat Penata Rambut

Menggunakan alat pemanas rambut terlalu sering dapat membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Pilihlah gaya rambut yang tidak menggunakan alat pemanas rambut sebisa mungkin untuk meminimalkan kerusakan akibat alat pemanas rambut.

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut

5. Diet yang Tak Seimbang

Pola makan yang membatasi seluruh kelompok makanan, vitamin, dan mineral dapat menjadi berita buruk bagi rambut. Karena pertumbuhan rambut merupakan sistem elektif dalam tubuh, nutrisi yang diperlukan akan dialihkan dari folikel rambut ke fungsi tubuh yang lebih penting.

Hal ini menyebabkan rambut menipis dan mengalami kebotakan hingga nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dipulihkan.

6. Tidak Tuntas Mencuci Rambut

Kulit kepala yang sehat merupakan salah satu kunci pertumbuhan rambut yang normal. Tidak cukup sering mencuci rambut dapat menyebabkan penumpukan minyak, kotoran, debu yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Mencuci rambut dengan sampo yang lembut secara teratur akan membersihkan kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut.

7. Merokok

Berbagai penelitian medis menunjukkan bahwa salah satu efek samping dari merokok adalah dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut. Hal ini pada gilirannya menghambat pertumbuhan rambut yang normal dan sehat. Menghentikan kebiasaan buruk ini baik untuk kesehatan dalam segala hal, termasuk rambut.

8. Terlalu Sering Menggunakan Sampo Kering

Sampo kering merupakan alat yang luar biasa jika digunakan dengan benar. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Sampo kering juga dapat membuat rambut saling menempel di akarnya dan menyebabkan rambut tercabut dari folikel rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok.

9 Menggaruk Kepala Secara Berlebihan

Kondisi kulit kepala seperti dermatitis seboroik menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Menggaruk kepala secara agresif dapat menyebabkan kerusakan permanen pada folikel rambut.

 

Langkah Atasi

Terdapat beberapa langkah mengatasi rambut rontok akibat kebiasaan yang seringkali kamu lakukan. Dilansir dari Healthline, berikut ini langkah mengatasinya!

1. Konsumsi Makanan yang Seimbang

Kerontokan rambut dapat dikaitkan dengan kekurangan zat gizi mikro seperti zat besi dan zat gizi makro seperti protein. Jika kamu memerlukan bantuan dalam merencanakan makanan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Ada baiknya juga untuk berkonsultasi dengan dokter tentang suplemen apa pun yang dipertimbangkan sebelum mulai mengonsumsinya, terutama multivitamin yang mengandung kombinasi zat gizi mikro dan vitamin yang larut dalam lemak.

2. Berhenti Merokok

Meskipun kamu mungkin pernah mendengar tentang efek negatif merokok di seluruh tubuh (termasuk kulit), merokok juga dikaitkan dengan kerontokan rambut.

Secara keseluruhan, merokok dapat memperburuk kerontokan rambut karena efek peradangannya dalam tubuh. Berbagai penelitan juga percaya bahwa merokok dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan kerontokan warna.

3. Rawat Rambut dengan Baik

Meskipun kamu mungkin fokus untuk mengatasi rambut yang menipis, penting juga untuk mencoba mempraktikkan teknik perawatan rambut yang baik.

Pertimbangkan produk rambut yang lembut jika tersedia dan sisir serta sikat rambut hanya saat diperlukan. Kamu juga dapat mengurangi tekanan pada rambut dengan membatasi penggunaan alat penata rambut yang dipanaskan serta gaya rambut yang ketat.

Meski proses penipisan rambut bisa jadi mengkhawatirkan pada awalnya, banyak jenis penipisan rambut yang bisa diatasi. Jika kamu mengalami kerontokan rambut baru atau rambut menipis atau jika mengalami kebotakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Selain itu, kamu pun bisa menggunakan produk perawatan rambut yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut!

 

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading