Sukses

Health

5 Rekomendasi Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi

Fimela.com, Jakarta Perlu diperhatikan bahwa terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang sering kali disebut kolesterol jahat dan High Density Lipoprotein (HDL) atau yang kerap disebut kolesterol baik. Kedua jenis kolesterol ini perlu dijaga agar tetap dalam batas aman agar tidak menyebabkan kadar kolesterol terlalu tinggi bagi tubuh.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa terlalu banyak konsumsi daging, seperti daging kambing dan sapi dapat menyebabkan kadar kolesterol naik. Oleh sebab itu, penting untuk Sahabat Fimela mengetahui apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Dilansir dari Healthline.com inilah 5 rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak dan serat. Jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol, baik LDL maupun HDL. Olah alpukat menjadi berbagai masakan agar tidak bosan, seperti salad atau dimakan bersama roti.

2. Kacang-kacangan

Dilansir dari penelitian yang diterbit melalui jurnal PubMed Central, kacang-kacangan dapat membantu menurunakn kadar kolesterol LDL dan kolesterol total. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat, yaitu kacang almond, kenari, kacang mete, dan kacang tanah. Salah satu contohnya adalah kenari yang kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk peningkatan kesehatan jantung serta mampu menurunkan kolesterol LDL.

3. Sayuran

Sayuran kaya akan sumber nutrisi, seperti serat, antioksidan, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi tiga atau lebih porsi sayur dan buah per hari dapat membantu menurunakn kadar tekanan dara dan LDL, serta kolesterol total. Buat sayuran menjadi berbagai olahan seperti sup atau smootie agar tidak bosan.

4. Biji-bijian

Biji-bijian, terutama biji-bijian yang masih asli memberikan berbagai manfaat seperti vitamin, mineral, dan serat daripada biji-bijian olahan. Terdapat 2 jenis biji-bijian yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol, yaitu oat dan barley. Kedua jenis biji-bijian ini efektif digunakan untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

5. Ikan Berlemak

Ikan yang bisa masuk dalam kategori ini adalah ikan salmon dan makarel. Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan ini mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL. Minyak dari ikan berlemak juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL. Olah dengan cara paling aman, yaitu mengukus atau merebus untuk mengurangi minyak.

Boleh saja memakan daging, asal tetap diperhatikan agar tidak berlebihan. Nah, itu tadi adalah 5 jenis makanan yang bisa menjadi penurun kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat untu Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading