Sukses

Health

5 Cara Menghilangkan Kolesterol di Pundak dengan Mudah dan Alami

Fimela.com, Jakarta Pernahkah bagian pundak atau bahu terasa tidak nyaman? Penting untuk memahami apa itu kolesterol dan mengapa bisa terjadi penumpukan di pundak. Kolesterol merupakan lemak yang ditemukan di dalam tubuh dan juga diproduksi melalui konsumsi makanan tertentu.

Jika kadar kolesterol di darah melebihi batas normal, mungkin bahwa lemak tersebut dapat menumpuk di sekitar area pundak dan menyebabkan masalah kesehatan. Penyakit kolesterol tidak dapat dihilangkan sepenuhnya dari tubuh. Namun Sahabat Fimela dapat mengelola dan mengurangi kadar kolesterol di pundak secara efektif.

Kolesterol dapat dikontrol dengan mengadopsi gaya hidup sehat yang berkelanjutan. Hidup sehat juga bisa meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan kolesterol di pundak:

Cara Menghilangkan Kolesterol di Pundak

1. Mengubah pola makan:

Penting untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan tinggi serat. Hindari makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan tinggi kolesterol seperti daging merah, telur, dan makanan berlemak lainnya. Sebaliknya, pilihlah sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak.

2. Menjaga berat badan ideal:

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penumpukan kolesterol di pundak. Menurunkan berat badan dengan mengikuti pola makan sehat dan rutin berolahraga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penumpukan lemak di tubuh.

3. Berolahraga secara teratur:

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Pilihlah jenis olahraga aerobik seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang untuk membantu membakar lemak di tubuh dan mengurangi kolesterol di pundak.

Cara Menghilangkan Kolesterol di Pundak

4. Mengurangi stres:

Stres dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat. Latihan relaksasi seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau aktivitas yang membuat senang dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kadar kolesterol di bawah kontrol.

5. Mengonsumsi makanan penurun kolesterol:

Beberapa makanan memiliki kandungan alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Contohnya adalah alpukat, kacang almond, biji Chia, minyak zaitun, dan ikan berlemak seperti salmon. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung omega-3, serat, dan antioksidan dapat membantu membersihkan arteri dan menghilangkan kolesterol di pundak.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading