Sukses

Health

7 Jenis Olahraga Ini Bisa Bikin Wajah Awet Muda dan Tubuh Tetap Bugar

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, tubuh akan lebih cepat merasa lelah. Oleh karena itu, gaya hidup dan pola makan perlu diperhatikan agar tubuh tetap fit.

Saat usia semakin tua, tubuh akan merasa semakin berat saat berolahraga. Namun, ada beberapa jenis olahraga ringan yang layak ditambahkan ke dalam rutinitas harian. Jenis olahraga ini memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh di masa mendatang, termasuk menjaga wajah tetap awet muda dan tubuh tetap bugar.

Berikut adalah 7 jenis olahraga ringan yang dapat membuat wajah tetap awet muda dan tubuh tetap bugar, dirangkum pada (31/05/2024).

1. Lari

Olahraga ringan pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga wajah tetap awet muda dan tubuh tetap bugar adalah lari. Menghirup udara segar di pagi hari sambil melatih otot dan tulang dapat membuat tubuh terasa lebih segar, kuat, dan bertenaga.

Selain itu, berlari juga dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh, yang selanjutnya akan memproduksi sel-sel baru yang membuat kulit tampak lebih muda.

Berlari juga dapat melindungi telomer, bagian dari DNA di ujung kromosom yang menipis seiring bertambahnya usia. Dengan berlari, seseorang akan lebih jarang mengalami penyakit atau peradangan.

2. Berenang

Olahraga ringan berikutnya adalah berenang. Aktivitas ini tidak hanya melatih seluruh bagian tubuh, tetapi juga membantu meredakan nyeri dan peradangan pada sendi. Selain itu, berenang dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental. Ketika pikiran segar dan tubuh terasa lentur, wajah akan terlihat lebih muda dan tubuh menjadi lebih bugar.

3. Bersepeda

Bersepeda membantu tubuh dalam mempertahankan massa dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia, sehingga secara otomatis menghambat efek penuaan pada wajah dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bersepeda juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Olahraga ringan ini juga dapat membantu mengurangi stres berlebihan, yang pada akhirnya membuat tubuh terasa lebih segar.

4. Jogging (Berjalan Kaki)

Sebagai salah satu bentuk olahraga yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh semua kalangan, berjalan kaki membantu menjaga kekuatan tulang dan mengontrol tekanan darah. Berjalan kaki juga dapat menjadi pilihan olahraga untuk menurunkan berat badan, asalkan dilakukan secara rutin.

Yoga dan Pilates

Yoga dan pilates adalah jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan postur tubuh, terutama seiring bertambahnya usia. Olahraga ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan dan dapat menjadi aktivitas yang menenangkan serta mengurangi stres.

Dengan menekankan pada pernapasan dalam, tubuh akan merasa lebih rileks dan beban pikiran yang dapat mempercepat penuaan pun akan berkurang.

Zumba

Zumba dapat meningkatkan kinerja otak kanan dan kiri, karena olahraga ini mengandalkan koordinasi gerakan tubuh yang memaksa kedua sisi otak untuk bekerja sama.

Dengan demikian, zumba tidak hanya meningkatkan fungsi otak tetapi juga membakar kalori. Aktivitas olahraga ringan ini juga menyenangkan, sehingga dapat membuat tubuh merasa lebih muda.

Squat

Squat adalah latihan ringan yang dapat melibatkan tubuh secara keseluruhan, fokus pada bagian paha belakang, pinggul, bokong, dan paha depan. Selain itu, latihan ini juga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi serta membantu memperlambat proses penuaan dengan memperkuat kepadatan tulang.

Agar Awet Muda Tidur Jam Berapa?

Cara awet muda selanjutnya adalah dengan mencukupi waktu tidur setidaknya 7–9 jam setiap hari. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.

 

 

 

 

Apakah Olahraga di Malam Hari Itu Baik?

Penyebabnya adalah karena adanya fluktuasi pada kadar hormon dan juga suhu inti tubuh. Itulah alasannya berolahraga pada malam hari dianggap dapat memaksimalkan kekuatan ototmu. Pada dasarnya, baik dilakukan pada pagi maupun malam hari, olahraga tetap baik untuk kesehatan.

Olahraga yang Baik Itu Jam Berapa?

“Nanti akan begadang karena efeknya olahraga meningkatkan hormon senang jadi akan bersemangat melakukan sesuatu,” ucap Listya. Sementara, Listya mengatakan waktu optimal tubuh untuk melakukan latihan fisik yang berat adalah pada jam 2 siang hingga 6 sore.

Bagaimana Cara Agar Tubuh Selalu Bugar?

Pilih Jenis Makanan dan Porsi Sehat untuk Disantap.Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah.Jadwalkan Aktivitas Fisik atau Olahraga Secara Teratur.Perhatikan Jumlah Kalori yang Dimakan.Hindari Perut Kosong Sebelum Beraktivitas.

 

Olahraga Apa yang Bisa Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar?

Selain berbagai olahraga di atas, jogging, bersepeda, yoga, naik turun tangga, atau sekadar stretching, juga bisa menjadi pilihan olahraga singkat yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading