Sukses

Health

Resep Sederhana Jamu Godogan yang Efektif untuk Kolesterol, Asam Urat dan Diabetes

Fimela.com, Jakarta Jamu tradisional, terkenal sebagai pengobatan herbal yang efektif, telah lama menjadi pilihan dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, berbagai jenis empon-empon seringkali menjadi bahan utama dari jamu. Dipercaya bahwa jamu yang mengandung empon-empon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah yang tinggi. Selain terjangkau, jamu godogan, yang terbuat dari berbagai macam empon-empon, juga mudah dibuat sendiri di rumah setiap hari.

Berikut adalah resep sederhana jamu godogan yang bisa membantu mengatasi kolesterol, asam urat, dan diabetes, dirangkum pada (30/05/2024).

Bahan-bahan

Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan tradisional godogan :

- 1 genggam kunyit kering

- 1 genggam temulawak kering

- 1 sendok makan jintan hitam

- 4 biji jahe

- 2 batang serai

- 5 lembar daun salam

Cara Membuat Jamu Godogan

Berikut adalah cara membuat jamu godogan dengan langkah-langkah yang mudah :

1. Bersihkan jahe, kunyit, temulawak, serai, dan daun salam dengan cermat.

2. Lumatkan jahe hingga halus.

3. Campurkan semua bahan dalam satu wadah, kemudian rebus dengan 4 liter air.

4. Masak jamu hingga jumlah air menyusut menjadi setengah dari volume awal.

5. Jamu siap untuk disajikan (tambahkan madu atau gula madu untuk rasa yang lebih manis jika diinginkan).

Daun Apa yang Cepat Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat?

Ternyata daun salam juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah asam urat dan kolesterol.

 

 

Apakah Kunyit Bisa Mengobati Kolesterol dan Asam Urat?

Jamu kunyit bermanfaat untuk kesehatan, terutama menurunkan kolesterol dan asam urat karena mengandung kurkumin, senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Tidak heran jika kemudian kunyit dibuat sebagai bahan jamu untuk pengobatan alami dan alternatif sejak dahulu.

Minuman Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat?

Air rebusan jeruk nipis atau lemon adalah salah satu minuman terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Jeruk nipis dan lemon kaya akan vitamin C, antioksidan, dan senyawa sitrat yang dapat membantu melarutkan kolesterol dan asam urat dalam darah.

Apakah Rebusan Jahe dan Kunyit Bisa Menurunkan Kolesterol?

Kunyit dan jahe dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah. Jahe membantu memperlebar pembuluh darah, sedangkan kunyit mendukung kesehatan jantung dengan berpotensi menurunkan kadar kolesterol.

 

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Kunyit untuk Kolesterol?

Cara mengkonsumsi kunyit untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan, seperti kari, sambal, atau jus. Jahe mengandung senyawa gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Gingerol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading