Sukses

Health

Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga agar Kolesterol Turun Drastis?

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh? Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Salah satu cara efektif untuk menurunkan kolesterol adalah dengan berolahraga secara teratur.

Terkadang kita disibukkan dengan rutinitas harian yang padat. Saat bekerja, sering kali menyita waktu untuk berolahraga. Lalu, apakah ada waktu yang lebih baik untuk berolahraga agar kolesterol turun drastis?

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, mulai dari yoga, senam ataupun berenang. Sahabat Fimela bisa berkonsultasi dengan dokter, untuk memilih jenis olahraga yang cocok dengan kondisi tubuh. Dalam artikel ini, Fimela akan membahas kapan waktu terbaik untuk berolahraga guna menurunkan kolesterol:

Waktu Terbaik untuk Berolahraga agar Kolesterol Turun Drastis

1. Pagi Hari

Olahraga pada pagi hari memiliki beberapa keuntungan. Pertama, olahraga di pagi hari mempercepat metabolisme tubuh selama sisa hari. Ini berarti akan membakar lebih banyak kalori dan lemak dalam jangka waktu yang lebih lama. Kedua, berolahraga di pagi hari membantu merasa lebih bugar, segar, dan siap menghadapi aktivitas harian. Ketiga, pagi hari biasanya merupakan waktu yang lebih tenang dan sepi, sehingga dapat berolahraga tanpa gangguan.

2. Sebelum Makan

Berolahraga sebelum makan dapat membantu tubuh memanfaatkan lemak dalam tubuh sebagai sumber energi. Ketika perut kosong, tubuh akan mulai membakar lemak untuk energi daripada karbohidrat. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa harus mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat setelah berolahraga untuk menjaga energi dan nutrisi yang cukup.

Waktu Terbaik untuk Berolahraga agar Kolesterol Turun Drastis

3. Setelah Makan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga setelah makan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik. Aktivitas fisik setelah makan mendorong pencahayaan kolesterol dalam tubuh, yang membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Mengambil jeda singkat sebelum berolahraga setelah makan memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik sebelum aktivitas fisik dimulai.

4. Bisa Kapan Saja

Meskipun beberapa waktu dalam sehari mungkin lebih efektif dalam menurunkan kolesterol, yang terpenting adalah meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur. Berolahraga pada waktu yang disukai dan merasa nyaman akan membantu mempertahankan rutinitas olahraga dalam jangka panjang. Jadwalkan sesi olahraga dalam rutinitas harian, sehingga menjadi bagian alami dari gaya hidup sehat.

Meskipun kapan waktu terbaik untuk berolahraga guna menurunkan kolesterol adalah subjektif, penting untuk mengingat beberapa hal. Pastikan meminta saran dari dokter atau ahli gizi sebelum memulai program olahraga baru. Selalu melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah berolahraga. Selain itu, pastikan memilih jenis olahraga yang disukai dan bisa dilakukan dengan konsisten.

Menurunkan kadar kolesterol dapat dicapai dengan olahraga yang teratur dan gaya hidup sehat. Jika konsisten dalam menjaga pola olahraga dan pola makan yang baik, dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan efektif. Jadi, luangkan waktu setiap hari untuk berolahraga dan jaga kesehatan dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading