Sukses

Health

5 Cara Sederhana Atasi Pusing dan Lemas Akibat Darah Rendah

Fimela.com, Jakarta Pernah merasakan mata yang berkunang-kunang, sangat pusing, lemas lalu jatuh pingsan akibat berdiri lama? Sebagian orang pasti menganggap hal itu disebabkan karena belum sarapan atau makan seharian. Padahal hal ini bisa disebabkan karena tekanan darah yang rendah atau darah rendah. 

Penyakit darah rendah ini jika terjadi terus menerus akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, seperti kemampuan jantung berkurang untuk memompa darah, mengakibatkan gagal ginjal, dan menimbulkan stroke. Pastinya kamu tidak inginkan hal ini terjadi di dalam dirimu kan?

Kamu pun bisa mencoba mengatasinya dengan 5 cara sederhana sebagaimana lansiran healthline berikut ini!

Minum Banyak Air Putih

Ketika tubuh kekurangan cairan, tekanan darah bakal turun dan memicu kondisi darah rendah. Makanya, pastikan kamu selalu minum minimal 2 liter atau 8 gelas air putih per hari. Dengan begitu, rasa pusing dan lemas akibat darah rendah bisa langsung teratasi dengan cepat.

Batasi Konsumsi Makanan Gurih

Bagi kamu yang mengalami darah rendah, cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung garam untuk mengatasinya. Sebab kandungan garam terdapat sodium yang bisa meningkatkan tekanan darah. Meski demikian kamu harus bisa mengatur makanan mengandung garam ini jangan sampai berlebihan. Karena jika berlebihan akan mengalami penyakit dan stroke.

Konsumsi Nutrisi yang Cukup

Nutrisi tidak seimbang bisa bikin tekanan darah kamu turun dan memicu darah rendah. Kurangnya asupan vitamin B12, asam folat, serta zat besi dalam tubuh berisiko menyebabkan timbulnya penyakit ini.

Nah, untuk mengatasi darah rendah akibat nutrisi tidak seimbang ini, kamu bisa mengubah pola makan dengan menu-menu bergizi seimbang, seperti daging merah, sayur bayam, buncis, ikan tuna, kerang, dan sebagainya. Dengan begitu, produksi darah akan kembali normal dan tekanan darah kamu pun akan stabil!

Kenakan Kaus Kaki Elastis

Darah rendah kadang bikin kaki terasa lemas dan berat karena aliran darah yang terhambat. Nah, solusi praktisnya adalah pakai stocking atau kaus kaki elastis yang bisa mencegah darah menggenang di kaki. 

Perlengkapan ini ampuh banget buat meringankan kondisi hipotensi ortostatik, yaitu tekanan darah rendah akibat terlalu lama berdiri, berbaring, atau duduk. Hipotensi ortostatik ini sering dialami oleh banyak orang terutama yang punya banyak aktivitas. Makanya, jangan anggap remeh ya masalah darah rendah ini. 

Ubah Posisi Tubuh

Siapa sangka cara sesederhana memperhatikan posisi tubuh ternyata ampuh buat mengatasi darah rendah? Kalau kamu sering merasakan pusing, lemas, atau pandangan memburam setiap kali berganti posisi tubuh secara mendadak, cobalah untuk mengubahnya perlahan-lahan.

Misalnya saja waktu bangun tidur. Sebelum langsung beranjak dan berdiri, baringlah dulu selama beberapa menit, lalu perlahan-lahan duduklah. Pastikan tidak ada gejala aneh seperti pusing atau lemas. Kalau aman, barulah kamu bisa berdiri pelan-pelan. Atau kamu juga bisa coba sikap kaki silang atau angkat kaki secara perlahan biar aliran darah dari kaki ke jantung lebih lancar.

Darah rendah emang bisa bikin aktivitas jadi terganggu, tapi nggak perlu khawatir berlebihan. Dengan mengikuti beberapa tips ampuh diatas, masalah darah rendah bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Mulai dari menjaga asupan cairan, nutrisi seimbang, hingga memperhatikan posisi tubuh saat beraktivitas.  

Penulis: Zahra Utami Putri

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading