Sukses

Health

5 Jenis Masakan Bertepung yang Baik untuk Keseimbangan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang banyak dihadapi oleh banyak orang dewasa ini. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dapat meningkatkan risiko masalah jantung dan kesehatan lainnya.

Salah satu jenis makanan yang sering dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol adalah makanan bertepung. Beberapa makanan bertepung mengandung tinggi lemak jenuh dan trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Namun, bukan berarti semua makanan bertepung harus dihindari.

Namun sebenarnya tak perlu takut mengonsumsi makanan bertepung. Tingkatkan kesehatan dengan memilih makanan bertepung yang lebih sehat. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan seimbang, olahraga secara rutin, dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengelola masalah kolesterol. Berikut beberapa masakan bertepung yang bisa menjadi pilihan sehat untuk menjaga kolesterol tetap terkendali:

Jenis Masakan Bertepung yang Baik untuk Keseimbangan Kolesterol

1. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh merupakan pilihan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi, karena kandungan serat tinggi dan rendah lemak jenuh. Roti gandum utuh juga mengandung lebih banyak nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan antioksidan dibandingkan dengan roti putih biasa. Pilih roti gandum utuh yang rendah kalori untuk mengontrol asupan kalori harian.

2. Tepung almond

Tepung almond adalah alternatif yang sehat untuk tepung terigu biasa. Tepung almond mengandung lemak sehat, protein, serat, dan tidak mengandung kolesterol. Gunakan tepung almond untuk membuat adonan roti, kue, atau bahan tambahan dalam makanan bertepung lainnya. Selain itu, tepung almond juga memberikan rasa yang lezat pada masakan.

3. Ayam goreng renyah tanpa minyak

Ayam goreng bisa menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera. Namun, menggoreng ayam dalam minyak bisa membuatnya menjadi kaya lemak jenuh. Untuk menghindari masalah ini, dapat mencoba metode memanggang tanpa minyak. Cukup tempelkan tepung roti gandum utuh pada potongan daging ayam, lalu panggang dalam oven. Dapatkan hidangan ayam goreng yang renyah dengan kandungan lemak yang jauh lebih rendah.

Jenis Masakan Bertepung yang Baik untuk Keseimbangan Kolesterol

4. Ikan goreng dengan tepung jagung

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan rendah kolesterol. Daripada menggoreng menggunakan tepung terigu biasa, dapat mencoba menggoreng ikan dengan tepung jagung. Tepung jagung rendah lemak dan dapat memberikan rasa gurih pada ikan. Untuk memperkaya rasa, bisa menambahkan bumbu rempah alami seperti kunyit atau paprika.

5. Sayuran goreng tepung roti

Jika menyukai makanan bertepung, sebaiknya memilih sayuran sebagai bahan utama. Sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah lemak. Coba menumis sayuran favorit dengan sedikit minyak zaitun, lalu gulingkan dalam tepung roti gandum utuh. Panggang sayuran di dalam oven sampai warnanya kecokelatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading