Sukses

Health

7 Manfaat Kentang Rebus untuk Mengontrol Kolesterol dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kentang rebus adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain menjadi makanan yang lezat dan bergizi, kentang rebus juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, terutama dalamatasi masalah kolesterol. Salah satu manfaat kentang rebus untuk kolesterol adalah kandungan serat yang tinggi.

Kentang rebus juga rendah kalori dan lemak jenuh. Dengan menggantikan makanan tinggi lemak dan kolesterol dengan kentang rebus, dapat membantu mengurangi asupan kalori dan lemak jenuh yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Ini dapat menjadi langkah yang efektif dalam menjaga kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Sahabat Fimela bisa mengonsumsi kentang rebus untuk sarapan maupun makan malam. Jangan lupa konsultasi dengan dokter dan ahli gizi sebelum mengonsumsi kentang untuk diet. Berikut manfaat kentang rebus untuk kolesterol:

Manfaat Kentang Rebus untuk Mengontrol Kolesterol

1. Mengandung serat tinggi

Serat yang terdapat dalam kentang rebus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Serat larut dalam kentang rebus membantu mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membawanya keluar dari tubuh.

2. Rendah kalori dan rendah lemak

Kentang rebus merupakan sumber karbohidrat yang rendah kalori dan rendah lemak. Mengonsumsi kentang rebus sebagai makanan pengganti yang sehat dapat membantu mengendalikan berat badan dan peningkatan kadar kolesterol.

3. Mengandung vitamin B6

Kentang rebus kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu menjaga kesehatanantung dan mengatur kadar kolesterol. Vitamin B6 juga berperan dalam pembentukan hemoglobin yang memperlancar sirkulasi darah.

4. Mengandung antioksidan

Kentang rebus mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. Antioksidan ini dapat melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas dan penyakit jantung yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Manfaat Kentang Rebus untuk Mengontrol Kolesterol

5. Menyediakan kalium

Kentang rebus kaya akan kalium, mineral yang memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Mengonsumsi kentang rebus secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan kadar kolesterol tinggi.

6. Mengandung senyawa fitokimia

Kentang rebus mengandung senyawa fitokimia seperti katekin dan quercetin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini berperan penting dalam mencegah peradangan dan penyakit jantung yang berhubungan dengan kadar kolesterol tinggi.

7. Sumber energi yang baik

Kentang rebus mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bertahap dan membantu menjaga kadar kolesterol stabil. Makanan yang kaya karbohidrat sederhana seperti kentang rebus dapat membantu menggantikan sumber energi yang kurang sehat seperti gula dan makanan berlemak.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading