Sukses

Health

Tips Mencegah Anak Terserang Flu Singapura selama Musim Liburan

Fimela.com, Jakarta Flu Singapura merupakan salah satu penyakit pada anak yang perlu diwaspadai. Banyak orangtua yang mengaku bingung untuk menandainya, karena gejala penyakit ini hampir mirip dengan cacar. Bintik merah yang muncul di tubuh anak, tak jarang membuat Ibu panik. Namun, biasanya bintik merah ini muncul pada bagian tubuh tertentu sehingga Sahabat Fimela bisa mengenalinya lebih dini.

Melansir dari world-today-news.com, Flu Singapura dalam dunia medis dikenal dengan istilah Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD), merupakan penyakit menular akibat virus yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada tangan, kaki, dan mulut. Flu Singapura paling banyak menyerang anak-anak pada usia di bawah 5 tahun. Virus ini jarang menginfeksi orang dewasa, tetapi orang dewasa seringkali membawa virus tersebut dan menularkannya ke anak-anak.

Berdasarkan Data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon Kementerian Kesehatan dari lansiran voi.id, hingga minggu ke 11 tahun 2024, setidaknya terdapat 5.461 kasus Flu Singapura di Indonesia. Meningkatnya angka penyakit HFMD di tengah persiapan hari raya Idulfitri 1445 H mendorong masyarakat untuk lebih waspada. Antisipasi mudik lebaran, karena ini tradisi tahunan Indonesia yang tidak pernah sepi. Migrasi tahunan ini tentu mengundang risiko penyebaran Flu Singapura.

Meski bukan penyakit serius, kesadaran diri untuk menerapkan hidup sehat dan bersih tentu harus selalu dijaga. Di bawah ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah Flu Singapura pada anak selama mudik lebaran yang dilansir melalui laman emc.id.

1. Memakai masker selama perjalanan mudik

Memakai masker selama mudik adalah cara efektif untuk mencegah penularan Flu Singapura. Masker dapat menjadi perlindungan pertama, karena virus ini bisa menyebar melalui droplet. Pemudik khususnya anak-anak disarankan untuk selalu memakai masker saat bepergian, terutama jika menggunakan angkutan umum.

2. Rutin membersihkan area yang diduga terkontaminasi virus

Rutin membersihkan area tangan, kaki, dan mulut dapat membantu mencegah Sahabat Fimela dari Flu Singapura. Pentingnya menutup hidung dan mulut menggunakan masker, memberikan tisu dan langsung membuang air liur dengan tisu, serta mencuci tangan dan kaki dengan air dan sabun selama 20 detik. Beri tahu anak untuk tidak menyentuh hidung dan mulut menggunakan tangan langsung selama mudik.

3. Ajari anak untuk tidak memasukkan apapun ke dalam mulut sebelum mencuci tangan

Berikan pemahaman kepada anak mengenai pentingnya mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, dan setelah berinteraksi dengan orang lain ataupun benda. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik perhatian anak. Kemudian demonstrasikan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar, termasuk menggunakan sabun, menggosok telapak tangan, dan mengeringkan tangan dengan handuk.

4. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun

Menjadikan cuci tangan sebagai sebuah kebiasaan yang menyenangkan bagi anak akan membuatnya menjadi kebiasaan yang tetap. Jelaskan kepada anak kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan, juga beri tahu hal ini dapat menjaga kesehatan serta mencegah penularan virus dan bakteri.

5. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang saat mudik adalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, karena perjalanan mudik dapat menyebabkan konsumsi makanan yang kurang seimbang atau tidak sehat. Membawa bekal sendiri dapat memastikan Sahabat Fimela mendapatkan makanan yang sehat saat mudik. Selain itu, pilih makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak. Pastikan untuk makan dalam porsi yang cukup guna memenuhi kebutuhan energi tanpa berlebihan.

 

Penulis: Miftah DK.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading